Sekda sebut kawasan konservasi sebagai penopang kehidupan di Kalteng

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, hari konservasi alam nasional, hkan, konservasi, taman nasional seban

Sekda sebut kawasan konservasi sebagai penopang kehidupan di Kalteng

Generasi muda di Kalteng menyanyikan sebuah lagu tentang alam pada peringatan HKAN tahun 2019 di Palangka Raya, Rabu, (21/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri menyebut, keberadaan kawasan konservasi sangatlah penting sebagai penopang kehidupan masyarakat, baik di wilayah perdesaan maupun perkotaan.

"Salah satu yang utama, yakni melindungi kekayaan ekosistem alam," katanya saat Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2019 di Kawasan Taman Nasional Sebangau Palangka Raya, Rabu.

Adanya kawasan konservasi, juga untuk melindungi ragam spesies flora dan fauna yang langka atau pun hampir punah, hingga menjaga kualitas lingkungan supaya tetap terjaga.

Untuk itu Fahrizal mengingatkan kepada semua pihak, tentang pentingnya kesadaran untuk turut berpartisipasi menjaga kelestarian kawasan konservasi. Termasuk mengajak generasi muda agar mau terlibat.

"Apalagi tema HKAN tahun 2019 adalah spirit konservasi alam milenial, jadi sudah seharusnya kita bisa mendorong generasi muda untuk berpartisipasi menjaga kelestarian alam," jelas Sekda kepada ANTARA.

Lebih lanjut Fahrizal menjelaskan, manfaat nyata lainnya yang didapat masyarakat selama ini, yakni terpenuhinya kebutuhan sehari-hari mereka. Baik kebutuhan berupa pangan dan lainnya.

Kemudian juga memberikan keuntungan secara materi, sebab kawasan konservasi umumnya dijadikan sebagai tempat penelitian hingga rekreasi berupa ekowisata. Sehingga masyarakat pun bisa mengambil keuntungan dengan menjual jasa.

Ia pun berpesan, sebagai salah satu destinasi wisata di Kalteng, hendaknya masyarakat mau meningkatkan kesadarannya untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Sebab jika tempat wisatanya kotor, tentu akan berpengaruh negatif terhadap minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Di Kalteng sendiri, terdapat beberapa kawasan konservasi, seperti Taman Nasional Sebangau, Tanjung Puting dan lainnya. Kawasan-kawasan itu, berkontribusi cukup banyak terhadap keberlangsungan kehidupan di Kalteng selama ini.

"Mengingat pentingnya kawasan konservasi, saya berharap agar kesadaran untuk menjaganya dapat terus ditingkatkan. Jadilah agen penggerak konservasi alam di masyarakat," ungkap Fahrizal.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar