Upaya pencegahan pungli di kabupaten Gunung Mas

id dprd gunung mas,ppungutan liar,saber pungli,Upaya pencegahan pungli di kabupaten Gunung Mas

Ketua DPRD sementara Kabupaten Gunung Mas Gumer, Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas Punding S Merang, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas saat menerima kedatangan anggota Polsek Kurun Bripka Hidayatullah (kiri) dan Bripka E Hutauruk (kanan), di kantor DPRD setempat, Rabu (21/8/2019). (Foto : Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD sementara Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Gumer mengatakan pungutan liar harus dicegah, agar tidak sampai terjadi di wilayah setempat.

Pencegahan terhadap terjadinya tindakan pungli dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman terkait pungli kepada para pemangku kepentingan, kata Gumer saat dibincangi di Kuala Kurun, Rabu.

“Salah satu caranya adalah dengan menggencarkan sosialisasi terkait pungli kepada para pemangku kepentingan, termasuk kepada masyarakat umum di Kabupaten Gunung Mas,” ucap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Dia mengatakan, dengan adanya sosialisasi khususnya yang dilakukan oleh aparat penegak hukum, diharapkan masyarakat di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau menjadi mengerti hal-hal terkait pungli.

“Satu hal yang harus diketahui oleh seluruh pihak, baik pemberi maupun penerima sama-sama melanggar hukum,” beber pria kelahiran Desa Parempei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gumas ini.

Sejauh ini, lanjutnya, pihak kepolisian sudah gencar melakukan sosialisasi terkait sapu bersih (saber) pungli. Diharapkan, dengan adanya sosialisasi tersebut, kedepan Kabupaten Gumas dapat bersih dari pungli.

Legislator yang sudah terpilih sebanyak tiga periode berturut-turut ini menyebut, apa yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian dalam mensosialisasikan saber pungli patut mendapat apresiasi serta dukungan dari seluruh pihak.

“Ayo kita bersama-sama menciptakan Kabupaten Gunung Mas yang bebas pungli,” ajak legislator yang berasal dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu ini.

Kapolres Gumas AKBP Yudi Yuliadin melalui Kapolsek Kurun Ipda Noviandhi WB menyampaikan ucapan terimakasih kepada kalangan DPRD Kabupaten Gumas serta pihak lainnya yang selama ini telah mendukung kegiatan saber pungli.

“Sejauh ini kami gencar melakukan sosialisasi ke berbagai instansi di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, sekolah-sekolah, dan lainnya, khususnya di wilayah Kecamatan Kurun. Ini akan terus kami gencarkan,” demikian Noviandhi.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar