Berani langgar disiplin, enam anggota polres dipecat

id polisi dipecat,enam anggota polres dipecat,Berani langgar disiplin,Sulawesi Utara,Tahuna,Polres Sangihe

Berani langgar disiplin, enam anggota polres dipecat

Ilustrasi (anggir)

Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Sigit Tri Hardjanto memberhentikan tidak dengan hormat enam anggota Polres Sangihe melalui surat keputusan yang ditandatangani pada 15 April 2019.

Pemberhentian enam anggota polisi tersebut dilaksanakan dalam suatu upacara yang dipimpin Kapolres Sangihe AKBP Sudung F. Napitu di halaman Mapolres Sangihe, Rabu.

Mereka adalah Briptu Esra Kaketing, Brigadir Devid C. Dama, Brigadir Brayen Rantung, Brigadir Gilbert Lolorie, Brigadir Vena Mananohas dan Bripka Rully Komaling.

Keenam anggota polisi yang diberhentikan tidak dengan hormat, semuanya tidak hadir dalam upacara pemecatan itu.

Baca juga: Oknum polisi terdakwa kasus narkoba divonis bebas, kejati ajukan kasasi

Kapolres Sudung F. Napitu dalam sambutannya mengatakan, pemberhentian tidak dengan hormat bagi enam bintara polisi menjadi bahan evaluasi bersama bagi semua anggota polisi.

"Ini menjadi bahan pembelajaran bagi semua anggota polisi baik bintara maupun perwira, bahwa tindakan tegas dari pimpinan akan diberlakukan bagi yang melanggar disiplin," kata Kapolres.

Mereka kata Kapolres dipecat karena melakukan berbagai pelanggaran disiplin sebagai anggota polisi.

"Polisi memiliki disiplin yang harus ditaati oleh semua anggotanya," kata dia.

Baca juga: Polisi bongkar pabrik pembuat sabu dengan bahan obat sesak nafas

Surat pemberhentian yang diterbitkan pimpinan kata dia, sudah melalui tahapan yang panjang termasuk teguran dan pembinaan.

"Kami sudah beberapa kali memberikan teguran serta pembinaan bagi enam anggota polisi yang melanggar disiplin, namun tidak pernah dipatuhi sehingga harus diberhentikan," kata Kapolres.

Kapolres mengingatkan semua anggotanya agar tidak melakukan pelanggaran disiplin sebab sanksinya sangat berat bagi anggota polisi.

"Saya tidak segan-segan mengusulkan pemberhentian tidak dengan hormat bagi anggota yang tidak bisa dibina," kata dia.

Kapolres juga mengajak semua jajarannya agar melaksanakan tugas dengan baik dan benar berdasarkan petunjuk pimpinan.

"Kami mengajak semua anggota Polres Sangihe agar bekerja dengan maksimal dan tidak melakukan pelanggaran disiplin," kata Kapolres.