Barito Utara gelar lomba masak serba ikan

id pkk barito utara,lomba masak serba ikan ,pkk kecamatan

Barito Utara gelar lomba masak serba ikan

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati melakukan penilaian lomba masak serba ikan di Muara Teweh, Kamis (22/9/19). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Barito Utara gelar lomba masa serba ikan ke-4 dan festival pangan lokal B2SA (Beragam, Berisi, Seimbang dan Aman) 2019 bertema "Ragam Menu Masakan Ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak".

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara Hj Sri Hidayati Nadalsyah, di Aula Kecamatan Teweh Tengah, Kamis.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara Sugeng mengatakan  bahwa lomba masak serba ikan keempat kalinya dan festival pangan lokal B2SA  ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga yang berbahan baku ikan dan mendorong penerapan konsumsi pangan B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal. 

"Kegiatan lomba dilaksanakan ini  diikuti oleh sembilan TP PKK Kecamatan se-Kabupetan Barito Utara," kata Sugeng. 

Untuk tim penilai lomba ini yaitu Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati Nadalsyah, Tri Rasniati dari Guru Tata Boga SMKN 3 Palangka Raya, Tanti Ilawati dari Persatuan Ahli Gizi dan Sudrajat dari Chef Hotel Armani.

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati Nadalsyah dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba dan festival yang dilaksanakan  merupakan bentuk dukungan Kabupaten Barito Utara terhadap Program Nasional Gerakan Memasyarakat Kakan Ikan (Gemarikan) yang telah dicanangkan sejak 2014 lalu. 

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsumsi masyarakat akan ikan, khususnya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan," harap Sri. 

Selain itu, dia juga berharap agar kegiatan ini mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi gizi yang seimbang. 

Hasil dari lomba dan festival yang dilaksanakan, untuk kategori lomba masak serba ikan juara 1 diraih TP PKK Kecamatan Lahei Barat, juara 2 diraih TP PKK Kecamatan Teweh Selatan, dan juara 3 dari TP PKK Kecamatan Teweh Timur, sedangkan kategori festival pangan lokal B2SA, TP PKK Kecamatan Teweh Tengah keluar sebagai juara 1, TP PKK Kecamatan Teweh Selatan meraih juara 2 dan TP PKK Kecamatan Teweh Baru meraih juara 3.