Ini target Pramuka Barito Timur ikut Perkemahan Wirakarya Kalteng

id Ini target Pramuka Barito Timur ikuti Perkemahan Wirakarya Kalteng,Pramuka,Bartim ,Eskop

Ini target Pramuka Barito Timur ikut Perkemahan Wirakarya Kalteng

Sekretaris Daerah Barito Timur sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Timur Eskop menyerahkan bendera pramuka saat memberangkatkan kontingan pramuka mengikuti Perkemahan Wirakarya ke Palangka Raya, Jumat (23/8/2019).  (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Timur memberangkatkan kontingen untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya tingkat Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya dengan harapan bisa menambah pengetahuan dan pengalaman peserta

"Selalu tetap ingat untuk menjadikan kegiatan ini sebagai tempat untuk mempererat tali persaudaraan, silaturahmi dan menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya," kata Sekretaris Daerah Barito Timur Eskop saat memberangkatkan kontingen di Tamiang Layang, Jumat.

Eskop mewakili Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Timur yakni Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan luar daerah yang tidak bisa ditinggalkan.

Eskop menyampaikan lima pesan dari bupati kepada peserta. Seluruh peserta diminta menunjukkan keseriusan, kesungguhan dan semangat serta motivasi yang tinggi dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah diagendakan. 

Peserta diharapkan terus berjuang dan berprestasi membawa nama baik pribadi, keluarga dan Kwartir Cabang Kabupaten Barito Timur. Selain itu, dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan antara sesama anggota kontingen Kabupaten Barito Timur maupun dengan kontingen lainnya. 

"Kepada pimpinan kontingen, saya berharap untuk dapat melaksanakan tugas yang telah diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Eskop.

Pramuka merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda, sehingga mampu mencetak generasi penerus bangsa yang siap bersaing dan tangguh di masa mendatang. Dalam latihan kepramukaan akan dibina dan dibentuk karakter, kepribadian dan disiplin setiap anggotanya.

Gerakan Pramuka juga diharapkan sebagai gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda pemudi Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar metode kepramukaan. 

Gerakan Pramuka memberi kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega untuk membina diri menjadi kader pimpinan, baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka. Salah satu usaha untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan mengadakan suatu kegiatan yang berorientasi pada Karya Bakti Pramuka bagi masyarakat. 

Eskop menambahkan, generasi muda sebagai barisan terdepan dalam menghadapi tantangan jaman masa kini dan masa yang akan datang, maka melalui kegiatan kepramukaan terkandung kegiatan yang bersifat produktif, edukatif, kreatif dan rekreatif serta dapat menerapkan teknologi informasi yang berkembang dewasa ini. 

Sistem pendidikan kepanduan dalam Pramuka sesuai dengan kebutuhan keadaan, kepentingan masyarakat dan perkembangan bangsa dan negara Indonesia, sehingga kedepan diharapkan Pramuka akan melahirkan kader-kader pemimpin bangsa yang tangguh.

"Pembangunan yang berkarakter melalui kegiatan kepramukaan akan membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan ekonomi, sosial, budaya dan politik masa kini dan masa mendatang," demikian Eskop.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar