Pelayanan Samsat Keliling di Barsel terus digenjot

id Pemkab barsel, buntok, barito selatan, samsat keliling, pajak, jemput bola, pkb

Pelayanan Samsat Keliling di Barsel terus digenjot

Ilustrasi-Riau Operasikan Samsat Keliling Optimalkan Penagihan Pajak (Antaranews).

Buntok (ANTARA) - UPT PPD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melakukan sistem jemput bola untuk meningkatkan pelayanan serta mengajak masyarakat membayar pajak kendaraan bermotornya.

“Kami melakukan sistem jemput bola, terutama di wilayah perdesaan dengan pelayanan keliling Samsat,” kata Kasi Penagihan, Pembukuan dan Pelaporan Ferrary H Djala mewakili Kepala UPT PPD Trisnawati di Buntok, Jumat.

Ia menjelaskan, pihaknya baru saja melaksanakan pelayanan keliling Samsat di sejumlah wilayah perdesaan, meliputi Desa Palu Rejo, Patas, Baru dan Tabak Kanilan. Pada Jumat dan Sabtu, pihaknya melakukan pelayanan serupa di kawasan Plaza Beringin Buntok.

Sedangkan upaya jemput bola melalui pelayanan keliling samsat bagi masyarakat yang jauh dari kantor, pihaknya akan melakukan kegiatan tersebut sekali setiap bulannya. Sebab, biaya transportasi yang harus mereka keluarkan jika membayar di kantor, lebih mahal dibandingkan nominal pajak yang dibayarkan.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat bayar pajak, serta meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat secara luas,” ucapnya di sela kegiatan kerjanya.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan peraturan gubernur terbaru nomor 16/2019 tentang pembebasan sanksi denda. Pergub ini juga salah satu upaya mengajak masyarakat membayar pajak.

Dalam Pergub itu, denda pajak dibebaskan 100 persen bagi masyarakat. Contohnya pajak mati 5 tahun, pada saat membayar pajak, denda tersebut tidak dibayarkan.

“Hal ini akan kami sosialisasikan kepada masyarakat dan juga telah kami sampaikan kepada bupati, sekda dan para camat,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada tahun ini realisasi pencapaian Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB mencapai 78 persen. Jika dihitung berdasarkan per triwulannya, maka hampir melampaui target.

Karena, lanjut dia, diakhir September realisasinya harus mencapai 80 persen, sedangkan hingga hari ini sudah 78 persen. Artinya hanya sisa 2 persen saja untuk mencapai target.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar