Tujuh Fraksi DPRD Kotim berhasil terbentuk

id Dprd kotim, sampit, kotawaringin timur, alat kelengkapan dewan, akd, fraksi, wakil rakyat, legislatif, legislator

Tujuh Fraksi DPRD Kotim berhasil terbentuk

Wakil Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Timur Darmawati disaksikan unsur pimpinan ketua fraksi, menandatangani berkas penetapan alat kelengkapan dewan (AKD). (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (ANTARA) - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah telah menetapkan dan mengesahkan fraksi-fraksi pendukung lembaga tersebut melalui rapat paripurna di Sampit, Senin (26/8).

"Pembentukan fraksi ini sebagaimana amanat UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Setelah dibentuknya fraksi, maka anggota bisa menempati ruang fraksinya," kata Wakil Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Timur Darmawati.

Sedangkan untuk alat kelengkapan dewan (AKD), seperti komisi-komisi dan lainnya, masih belum bisa ditentukan karena terlebih dulu harus menunggu ditetapkannya Ketua DPRD Kotim Definitif.

Menurutnya, untuk pembentukan komisi-komisi harus menunggu unsur pimpinan definitif, sementara ini pihaknya masih menunggu dan kemungkinan penetapan unsur pimpinan definitif akan dilakukan dalam pekan ini.

"Pembentukan dan penunjukan unsur kepengurusan fraksi di DPRD berdasarkan rekomendasi dari pimpinan masing-masing partai politik," ungkapnya.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Timur tersebut, telah menetapkan sedikitnya tujuh fraksi.

Ketujuh fraksi alat kelengkapan DPRD itu masing-masing, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PAN, Perindo dan PKS, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PKB serta Fraksi Partai Nasdem.

Sedangkan untuk Ketua Fraksi PDI Perjuangan adalah Rinie, Ketua Fraksi Golkar - Hanura adalah Nadie, Ketua Fraksi PAN - PKS - Perindo adalah Suprianto, Ketua Fraksi Demokrat adalah Parimus, Ketua Fraksi Gerindra adalah Ary Dewar, Ketua Fraksi PKB adalah Abadi dan Ketua Fraksi Nasdem adalah Syahbana. 

Lebih lanjut, Darmawati mengungkapkan, meski telah ditetapkan fraksi-fraksinya, namun DPRD Kotim belum ada menentukan agenda kerja bagi anggota DPRD periode 2019-2024.

"Sepekan kedepan belum ada jadwal karena AKD pendukung DPRD masih belum lengkap. Sampai seluruh AKD terbentuk dan unsur pimpinan ditetapkan atau definitif barulah hal itu akan dilakukan," jelasnya.