Bupati dampingi penilaian Posyandu terintegrasi Desa Batu Raya I

id lomba posyandu kalteng 2019,posyandu terintegrasi batu raya i,bupati h nadalsyah

Bupati dampingi penilaian Posyandu terintegrasi Desa Batu Raya I

Bupati H Nadalsyah (kanan) didampingi Ketua TP PKK setempat Hj Sri Hidayati serta Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat da Desa Eveready Noor (kedua kiri) dan Plt Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo di Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang, Senin (26/8/19). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Ketua TP PKK Hj Sri Hidayati secara langsung menyambut kedatangan tim penilai perlombaan posyandu tingkat Kalimantan Tengah yang diketuai dr Muhammad Fitryanto Leksono dan Ketua Pokja IV TP PKK provinsi setempat dimana daerah ini diwakili Posyandu Terintegrasi Lentera Buana Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang, Senin. 

Nadalsyah menyampaikan bahwa program pengintegrasian antara posyandu dengan pendidikan anak usia dini dan bina keluarga balita adalah merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini, usia dini atau balita membutuhkan kualitas kesehatan dan pendidikan yang maksimal dan memadai. 

"Diharapkan semuanya bisa diperoleh melalui kegiatan di posyandu," katanya.

Kegiatan pengembangan di posyandu terintegrasi Lentara Buana, tidak hanya pada kegiatan kesehatan ibu dan anak, gizi, keluarga berencana saja, tetapi berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ekonomi keluarga, dan penyuluhan-penyuluhan pengendalian penyakit menular, perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS, HIV/AIDS dan lain-lainnya.
 
Bupati H Nadalsyah didampingi Ketua TP PKK setempat Hj Sri Hidayati foto bersama tim penilai lomba posyandu tingkat Kalteng di Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang, Senin (26/8/19). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)
"Hal ini guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan dasar, yang khususnya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi," kata dia saat membuka penilaian lomba posyandu.

Dia mengatakan, kesehatan bukanlah tanggungjawab pemerintah saja, namun merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat termasuk dunia usaha, sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. 

"Untuk memantapkan upaya tersebut dan dalam rangka pengintegrasian layanan sosial dasar di posyandu yang memerlukan peran serta pemerintah daerah dan lintas sektor," ucapnya.

Penilaian lomba posyandu ini tentunya juga menjadi sarana yang sangat baik, untuk meminta masukan-masukan positif dan sebagai bahan evaluasi agar kedepannya posyandu semakin maju. 

"Tahun ini, posyandu terintegrasi Lentera Buana Desa Batu Raya I sebagai juara pertama lomba posyandu terbaik tingkat kabupaten sekaligus mewakili Barito Utara dalam lomba posyandu terbaik tingkat Provinsi Kalteng yang kita laksanakan pada hari ini," ujar Nadalsyah.