Realisasi program KUR di Barsel didominasi wilayah perdesaan

id Pemkab barsel, pemerintah kabupaten, barsel, barito selatan, buntok, bank kalteng, kur, kredit usaha rakyat

Realisasi program KUR di Barsel didominasi wilayah perdesaan

Pimpinan Bank Kalteng Cabang Buntok Sriyanto. (Foto Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Bank Kalteng Cabang Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyalurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), guna menunjang pertumbuhan perekonomian di wilayah setempat.

"Setelah sebelumnya ada penghentian sementara,  program KUR kembali dilanjutkan pada tahun 2017 yang lalu," kata Pimpinan Bank Kalteng Cabang Buntok Sriyanto, Senin.

Penyaluran KUR didominasi daerah pelosok perdesaan. Untuk tahun ini realisasinya banyak terjadi di Desa Patas, Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Kedepan pihaknya akan menerima jika ada masyarakat atau pengusaha kecil yang memerlukan produk-produk KUR, selama program tersebut masih berjalan. Karena pihaknya juga menjalankan regulasi dari pemerintah pusat.

Untuk minat masyarakat, ia mengklaim cukup banyak yang mengikuti program KUR tersebut. Karena peruntukannya bagi masyarakat yang belum mengenal bank urusan kredit.

“Jadi untuk pemula atau masyarakat pengusaha hanya boleh satu kali mengikuti program KUR ini,” terangnya.

Ia menambahkan, selama ini untuk program KUR hampir tidak pernah menemui kendala. Meski ada beberapa yang tertunggak bahkan macet.

Namun permasalahan kredit yang diukur dengan presentase masalah itu, sangatlah kecil atau masih dibawah ketentuan POJK lima persen ke bawah. Untuk Buntok masih di angka 0,3 persen.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar