Ini penjelasan PDAM Tirta Barito Buntok tentang pendistribusian air tak lancar

id Pemkab barsel, barsel, barito selatan, buntok, Pdam buntok, pln, pasokan air bersih, listrik

Pengecekan mesin pompa air PDAM Buntok, Barito Selatan. (Foto Istimewa)

Buntok (ANTARA) - Menanggapi keluhan masyarakat terkait pendistibusian air bersih tidak lancar dan airnya keruh, PDAM Tirta Barito Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menggelar pertemuan dengan berbagai pihak terkait dan memberikan penjelasan mengenai kondisi tersebut.

"Saat ini musim kemarau panjang, sehingga kondisi pendistribusian menjadi tidak normal," kata Pelaksana Tugas Direktur PDAM Tirta Barito Armadi di Buntok, Senin.

Selain itu, pihaknya juga bergantung dengan PLN. Jika PLN terjadi pemadaman, maka otomatis pendistribusian tidak bisa dilakukan, karena mesin genset mengalami kerusakan, serta daya listrik rendah sehingga pompa yang lebih besar tidak bisa digunakan.

Menurutnya, kondisi itulah yang membuat pendistribusian air bersih terkendala dan diperparah pada Sabtu (24/8) lalu, terjadi pemadaman listrik selama 18 jam. Untuk mengatasi masalah itu, pihaknya akan mengambil tiga langkah yang akan dilakukan sesegera mungkin.

Pertama, mengingat ketergantungan dengan PLN, maka secepatnya akan diperbaiki mesin genset yang mengalami kerusakan. Untuk memperbaikinya akan didatangkan teknisi dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kedua, akan menaikkan daya listrik yang selama ini masih rendah, agar pompa yang lebih besar bisa berfungsi. Saat ini telah dilakukan penjajakan dengan PLN, diharapkan dalam minggu ini akan selesai. 

Kemudian yang ketiga, untuk memperbaiki limbah yang tersumbat, akan segera dilakukan pembuangan dalam dua hingga tiga hari kedepan, sehingga tidak ada lagi limbah yang menyumbat.

“Kami memohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan selama musim kemarau ini. Kami berupaya sesegera mungkin memperbaikinya, agar pelayanan bisa kembali optimal,” ungkapnya.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang memiliki keluhan, bisa segera menyampaikannya ke bagian hubungan langganan PDAM agar bisa dipertanggungjawabkan. Bagi yang melakukannya, harus menyertakan nomor sambungannya dan keterangan nama.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar