PON Papua hanya pertandingkan 37 cabor

id cabor pon papua,pon papua 2020,pon

PON Papua hanya pertandingkan 37 cabor

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan pernyataan resmi mengenai persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paraliympic Nasional (Peparnas) di kantor presiden Jakarta, Senin (26/8). (Desca Lidya Natalia)

Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional 2020 dipangkas dari 47 cabang menjadi 37 cabang, kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

"Tadi diputuskan rasionalisasi cabang olahraga (cabor) dan jumlah pertandingan, memang 47 cabor dan 700-an pertandingan harus dilihat secara utuh, mana yang mungkin dipertandingkan tapi tidak boleh lepas dari Olimpiade karena itu akan dirasionalisasi menjadi 37 cabor," kata Imam.

Baca juga: Jadwal PON dipercepat jadi dua tahun sekali mulai 2022

Didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe, Imam menyampaikan pernyataan resmi seusai menghadiri rapat terbatas dipimpin Presiden Joko Widodo dengan topik "Persiapan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Peparnas 2020 di Provinsi Papua".

"Kedua disiapkan sedini mungkin sehingga kita akan men-support dari teman-teman yang dulu menjadi pelaksana Asian Games yaitu INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committe) dan INCAPGOC (Indonesia Asian Paralympic Games 2018 Organizing Committe) akan mendampingi Pak Gubernur dan PB PON secara keseluruhan agar PON Papua benar-benar bergengsi di mata dunia," kata Iman.

Baca juga: Pemprov sebut prestasi Kalteng pada PON tidak memuaskan

Imam tidak menyebutkan 10 cabor yang dipangkas

"Kami hanya mengacu sport olympic, kita akan lihat nomor-nomor yang bisa dipertandingkan dan waktunya menjadi Oktober 2020," ungkap Imam.

Awalnya PON 2020 dilangsungkan pada 9-21 September 2020, namun hasil rapat memutuskan digeser  menjadi Oktober 2020.

Gubernur Papua sekaligus Ketua Panitia Besar PON Lukas Enembe mengatakan PON akan diadakan di tiga daerah di provinsi ini.

"Yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika. Kita fokus melaksanakan PON di situ termasuk jumlah cabor kita kurangi, kita sepakat tetapkan 37 saja dari awalnya 47 cabor," kata Lukas.

Lukas memandang PON 2020 sebagai alat mempersatukan bangsa.

"Kita pastikan akan melaksanakan PON 2020 di Papua, intinya PON adalah alat pemersatu bangsa dari Sabang sampai Merauke sehingga orang Papua akan bantu penyelenggaranya dengan mempertemukan 36 ribu atlet dan 'official' di Jayapura," ungkap Lukas.