Kadin Kotim dukung BUMD garap potensi ekonomi daerah

id Kadin Kotim dukung BUMD garap potensi ekonomi daerah,Kadin,Susilo,BUMD

Kadin Kotim dukung BUMD garap potensi ekonomi daerah

Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menyambut positif berdirinya Badan Usaha Milik Daerah PT Habaring Hurung untuk mengoptimalkan menggali potensi ekonomi daerah.

"Kadin akan bekerjasama dengan BUMD dalam pengembangan dunia usaha. Saya optimistis ini bisa berjalan dengan baik," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo di Sampit, Rabu.

BUMD Habaring Hurung mulai beraktivitas setelah Bupati H Supian Hadi melantik Halikinnor sebagai Komisaris dan H Sidi Ihsan Nur sebagai Direktur Utama BUMD Habaring Hurung periode 2019-2023 pada 1 Agustus lalu.

Kadin menyambut positif dibentuknya BUMD Habaring Hurung. Perusahaan milik daerah ini akan membuat pemerintah lebih leluasa menggali pendapatan asli daerah sesuai aturan.

Orang-orang yang dipilih menjalankan perusahaan daerah tersebut juga dinilai mampu mengemban amanah itu dengan baik. Kini tinggal BUMD memulai menjalankan usaha dengan menangkap peluang usaha yang ada di kabupaten ini.

Susilo menilai, banyak potensi ekonomi di Kotawaringin Timur yang bisa digarap oleh BUMD. Terlebih BUMD juga mengemban misi mendukung perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat, Susilo yakin banyak pihak yang siap bekerjasama.

Berbagai bidang usaha menjadi alternatif usaha BUMD seperti perkebunan, perdagangan, jasa kepelabuhanan, transportasi, bahan bakar minyak dan lainnya. BUMD bisa menjajaki peluang-peluang yang ada.

Baca juga: BUMD Habaring Hurung gandeng UMKM lokal

Baca juga: Baru dilantik, BUMD Habaring Hurung diminta langsung 'tancap gas'


Kadin siap membantu dan bersinergi dengan BUMD untuk menggali potensi ekonomi daerah. Potensi yang cukup besar di banyak bidang itu harus digarap maksimal demi kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat.

"Kadin memang berkomitmen membantu pemerintah dalam hal ekonomi melalui berbagai program. Untuk itulah Kadin juga siap membantu BUMD Habaring Hurung sesuai kapasitas dan kemampuan Kadin," kata Susilo.

Susilo optimistis perekonomian Kotawaringin Timur akan terus meningkat karena potensinya memang masih cukup besar. Kehadiran BUMD Habaring Hurung diharapkan membawa dampak positif terhadap sektor usaha di daerah ini.