DPRD Gumas: Orang tua harus bisa menjadi teman bagi anak

id dprd gunung mas,legislator gumas,DPRD Gumas: Orang tua harus bisa menjadi teman bagi anak

DPRD Gumas: Orang tua harus bisa menjadi teman bagi anak

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Iceu Purnamasari. (Foto : Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mengimbau orang tua agar dapat memposisikan diri sebagai teman bagi anak-anak mereka.

“Orang tua harus bisa memposisikan diri sebagai seorang teman bagi anak-anak mereka, khususnya anak yang sedang memasuki masa remaja,” ucapnya saat dibincangi di Kuala Kurun, Rabu.

Dia mengatakan, anak yang memasuki masa remaja menghadapi berbagai hal baru dalam pergaulannya. Hal baru yang dimaksud bisa saja merupakan hal yang positif, namun juga bisa merupakan hal yang negatif.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini menyebut, anak biasanya lebih nyaman untuk menceritakan apa yang sedang mereka hadapi dan alami kepada teman.

“Disini orangtua harus bisa memposisikan diri sebagai seorang teman, agar mereka dapat memberi masukan dan arahan kepada anak, sehingga anak tidak salah langkah,” tutur politisi Golongan Karya ini.

Menurutnya, orangtua hendaknya dapat meluangkan waktu khusus untuk anak, menjadi pendengar yang baik bagi anak, mendengar berbagai hal yang anak hadapi dalam pergaulan mereka sehari-hari.

Diharapkan, dengan adanya masukan, arahan dan bimbingan dari orangtua maka anak dapat menyikapi berbagai permasalahan dan tantangan dalam pergaulan, sehingga anak tidak salah dalam bergaul.

Perempuan kelahiran Kuala Kurun, Kecamatan Kurun ini juga menekankan pentingnya penguatan mental dan spiritual bagi anak, sehingga mereka tak mudah tergoda untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka tantangan bagi anak yang sedang memasuki usia remaja juga semakin beragam. Apalagi saat ini jaringan internet telah tersedia di hampir seluruh wilayah Kabupaten Gumas.

Teknologi yang semakin maju dan berkembang jika digunakan secara tepat maka akan sangat bermanfaat bagi remaja. Namun jika digunakan untuk hal-hal negatif, maka dikhawatirkan akan merusak masa depan anak.

“Agar mereka bisa menghadapi berbagai godaan dalam pergaulan, maka mental spiritual mereka harus kuat. Jika mental dan spiritual mereka sudah kuat, orangtua tidak perlu khawatir,” demikian Iceu.