Magang bagi generasi muda, dorong pertumbuhan wiraswasta baru di Kalteng

id Dinas koperasi, ukm, usaha kecil menengah, lies fahimah, magang, kementerian koperasi dan ukm, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, wiraswasta

Magang bagi generasi muda, dorong pertumbuhan wiraswasta baru di Kalteng

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Lies Fahimah bersama para peserta magang yang merupakan generasi muda di wilayah setempat, Palangka Raya, Rabu, (28/8/2019). (Foto Diskop dan UKM Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Sebagai salah satu perwujudan dari program Kementerian Koperasi dan UKM RI, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan magang yang diperuntukan bagi generasi muda yang ada di wilayah setempat.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkuat semangat dan jiwa kewirausahaan, serta meningkatkan keterampilan generasi muda yang ada di Kalteng," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Lies Fahimah di Palangka Raya, Rabu.

Kegiatan ini diperuntukan bagi pemuda-pemudi yang tertarik untuk berwiraswasta dan memiliki keinginan memulai rintisan usaha produktif namun belum memutuskan usaha yang bakal dilaksanakan nantinya.

Hingga pada akhirnya, mereka dapat lebih mengerti serta mengenal lebih dalam tentang usaha yang ingin dilakukan dan dikembangkan. Termasuk aspek teknis dan manajerial, baik pengelolaan usaha hingga proses pemasarannya.

"Jika sudah mengetahui dan memahami dengan baik tentang apa saja yang harus mereka lakukan, tentu generasi muda Kalteng tak akan ragu lagi berwiraswasta," ungkapnya kepada ANTARA.

Lies berharap, pada akhirnya mereka juga dapat berpartisipasi mendorong peningkatan minat berwirswasta di masyarakat, serta berdampak pada tumbuhnya tenaga kerja produktif baru.

Kemudian dimilikinya usaha dan penghasilan yang baik, serta sebagai sarana mencapai peningkatan kesejahteraan individu yang bersangkutan, keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

 
Narasumber kegiatan Fauzan Ahmad saat memberikan materi tentang pengembangan usaha kepada para peserta, Palangka Raya, Rabu, (28/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)


Sementara itu narasumber kegiatan Fauzan Ahmad menjelaskan, kegiatan magang untuk generasi muda tersebut sangatlah positif, guna mendorong mereka lebih berani memulai usaha baru dan mandiri.

"Peluang usaha di tempat kita ini sangatlah banyak. Jadi kepada para calon pengusaha tersebut, saya harapkan tak perlu ragu dan segeralah memulainya, jika memang sudah memiliki gambaran usaha yang ingin dikembangkan," jelasnya.

Menurutnya kendala utama yang dihadapi para calon pengusaha pada umumnya, adalah ketakutan untuk memulai karena khawatir gagal dan merugi. Hal tersebut harusnya bisa diatasi, dengan persiapan yang benar-benar matang dan komitmen kuat untuk memulai usaha.

Selain itu, generasi muda diminta lebih pro aktif mencari informasi terbaru di sekitarnya. Sebab saat ini banyak program dari pemerintah, BUMN dan lainnya, tentang penyediaan modal usaha, seperti kredit usaha rakyat (KUR) yang bisa diakses.

"Juga yang terpenting, memulai usaha itu harus fokus. Apalagi di tahap awal, kembangkan satu usaha dulu hingga benar-benar sehat dan menghasilkan," tutur Fauzan yang juga merupakan seorang wiraswasta tersebut.

Lebih lanjut, Budianto salah seorang wiraswasta di Palangka Raya yang tempat usahanya akan menjadi lokasi magang memaparkan, pihaknya siap berbagi ilmu dan pengalaman tentang tata cara pengembangan usaha, mulai dari tahapan produksi hingga pemasarannya.

"Usaha saya adalah budidaya jamur. Nantinya saya akan memberikan sedikit teori kepada peserta, kemudian lebih banyak dengan praktek, mulai dari tata cara budidaya, produksi hingga pemasaran yang efektif dan efisien," terangnya.

Terlebih peluang untuk usaha budidaya jamur di Palangka Raya dan sekitarnya, masih sangat potensial untuk dikembangkan. Hal tersebut bisa dilihat dengan tingginya harga jamur di pasaran saat ini. Sehingga ia ingin agar lebih banyak pelaku usaha yang tumbuh dan berkembang kedepannya, sehingga kesejahteraan masyarakat pun meningkat.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar