Dinas Perikanan Gumas pastikan BBI selalu hasilkan bibit unggul

id Dinas Perikanan Gumas,balai benih ikan,Dinas Perikanan Gumas pastikan BBI selalu hasilkan bibit unggul

Dinas Perikanan Gumas pastikan BBI selalu hasilkan bibit unggul

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas Trinayati (mengenakan topi) saat memantau BBI Tewah, baru-baru ini. (ANTARA/HO-Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Trinayati mengatakan dua balai benih ikan (BBI) yang ditangani oleh pihaknya selalu menghasilkan bibit ikan unggulan.

“Dua BBI yang kami tangani yakni BBI Kuala Kurun dan BBI Tewah selalu mencetak bibit ikan unggulan. Masyarakat dapat membeli berbagai bibit ikan di dua BBI tersebut,” ucapnya saat dibincangi di Kuala Kurun, Kamis.

Dia menerangkan, untuk BBI Kuala Kurun, ada empat jenis bibit ikan yang tersedia dan dapat dibeli oleh masyarakat yang ingin membudidayakannya. Empat jenis bibit ikan tersebut adalah patin, gurame, nila, dan papuyu.

Untuk BBI Tewah, lanjut dia, ada dua jenis bibit ikan yang tersedia dan dapat dibeli oleh masyarakat yang ingin membudidayakannya. Dua jenis bibit ikan tersebut adalah gurame dan nila.

Dia menjelaskan, untuk BBI Kuala Kurun, jenis ikan yang tersedia memang lebih beragam jika dibandingkan dengan BBI Tewah. Hal itu disebabkan karena di BBI Kuala Kurun telah tersedia listrik dari PLN.

“Keberadaan layanan listrik dari PLN di BBI Kuala Kurun membuat kami dapat mengembangkan bibit patin. Untuk bibit patin penetasannya memerlukan listrik, jadi bisa kami kembangkan di BBI Kuala Kurun,” beber Trinayati.

Sedangkan untuk BBI Tewah saat ini belum bisa menyiapkan bibit patin, karena disana belum ada layanan listrik dari PLN. Saat ini, BBI Tewah masih mengandalkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Dia menyebut, sejauh ini sudah cukup banyak masyarakat yang membeli bibit ikan, baik di BBI Kuala Kurun maupun BBI Tewah. Tak jarang, pembeli bibit ikan berasal dari luar Kabupaten Gumas.

Diapun mengajak masyarakat yang ingin membudidayakan ikan, baik itu patin, gurame, nila, dan papuyu untuk membeli bibit ikan yang tersedia di BBI Kuala Kurun maupun BBI Tewah.

“Bagi yang ingin membeli bibit ikan dapat langsung ke BBI Kuala Kurun maupun BBI Tewah. Masyarakat dapat datang mulai pukul 08.00-17.00 WIB, nantinya akan ada petugas yang melayani,” demikian Trinayati.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar