Perlu anggaran Rp30 miliar untuk laksanakan Pilkada Kotim tahun 2020

id Dprd kotim, ketua sementara, rimbun, legislatif, legislator, kotawaringin timur, sampit, pilkada, pemilu kepala daerah, bupati, gubernur, kalteng, kal

Perlu anggaran Rp30 miliar untuk laksanakan Pilkada Kotim tahun 2020

Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Timur Rimbun (tengah) saat memimpin rapat paripurna. (ANTARA/Untung Setiawan)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rimbun mengatakan, pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten setempat yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang, diperkirakan menghabiskan anggaran cukup besar yakni mencapai Rp30 miliar lebih.

"Kebutuhan anggaran tersebut berdasarkan usulan yang diajukan pihak penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur," katanya di Sampit, Kamis.

Sebagai tahap awal DPRD telah menyetujui anggaran sebesar Rp1 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019.

Anggaran yang disetujui pada APBD-P 2019 untuk proses tahapan Pilkada Kotawaringin Timur 2020 lebih kecil dari yang diajukan KPU, yakni sebesar Rp5 miliar. Hal itu dikarenakan terbatasnya kemampuan APBD-P 2019.

Rimbun menjelaskan, seluruh kebutuhan anggaran Pilkada Kabupaten Kotawatingin Timur akan dipenuhi pada APBD murni 2020. Mulai dari kebutuhan anggaran untuk tahapan, hingga pelaksanaan pilkada.

APBD murni 2020 saat ini masih belum dibahas, karena masih menuggu ditetapkannya unsur pimpinan definitif DPRD. Penetapan unsur pimpinan DPRD Kotawaringin Timur definitif sendiri, diperkirakan akan berlangsung pada akhir Agustus 2019.

"Jika berkaca pada Pilkada KotawaringinnTimur 2016 lalu sama besarnya. Namun untuk Pilkada 2020 nanti, diprediksi lebih besar yakni sekitar Rp38 miliar dan jumlah itu diluar biaya pengamanan," terangnya.

Anggaran untuk pengamanan Pilkada 2020 juga akan dialokasikan pada APBD 2020. Untuk anggaran keamanan diperkirakan tidak begitu besar, hal itu juga mengacu pada tahun sebelumnya dan jika bertambah juga tidak terlalu besar.

Tahapan Pilkada akan dilaksanakan mulai September 2019. Sedangkan Pilkada Kotawaringin Timur akan dilaksanakan pada tahun 2020 nanti, bersamaan dengan pemilihan Gubernur Kalteng.

Rimbun juga mengaku optimis, kebutuhan anggaran pelaksanaan Pilkada 2020 nanti akan dapat terpenuhi karena pemerintah kabupaten, telah menyiapkan hal tersebut dengan baik.