Kesadaran berlalu lintas warga Seruyan diharapkan meningkat

id Dprd seruyan, kuala pembuang, seruyan, legislatif, legislator, lalu lintas, kesadaran berlalu lintas, operasi patuh telabang, satlantas

Kesadaran berlalu lintas warga Seruyan diharapkan meningkat

Suasana Kota Kuala Pembuang. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Harsandi mengapresiasi Operasi Patuh Telabang tahun 2019 yang dilaksanakan Polres setempat pada 29 Agustus hingga 11 September 2019 mendatang.

"Ini merupakan kegiatan positif untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ)," jelasnya di Kuala Pembuang, Kamis.

Pihaknya berharap kepada masyarakat pengguna jalan, agar bisa menaati rambu-rambu serta membawa kelengkapan berlalu lintas, seperti menggunakan helm SNI dan lainya.

Hal tersebut sudah seharusnya dilakukan, untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Apabila tingkat kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas sudah baik, tentu keselamatan para pengendara akan lebih terjamin.

"Oleh karena itu, sudah semestinya kita sebagai pengguna jalan mematuhi rambu lalu lintas, sebagai bentuk dukungan mengurangi laka lantas. Lebih baik mencegah dari pada harus mengalami kecelakaan," terangnya.

Lebih lanjut Harsandi mengimbau, agar kepatuhan dalam berlalu lintas tidak hanya dimiliki oleh warga Seruyan yang ada di wilayah perkotaan, namun juga di kawasan perdesaan, sebab kecelakaan bisa terjadi dimana saja.

Jangan sampai kelengkapan alat berkendara diabaikan, karena warga merasa jalan-jalan yang dilintasi tampak sunyi dan jauh dari pengawasan pihak kepolisian. Menurutnya, setiap orang harus memiliki kesadaran seutuhnya dalam berkendara, tanpa perlu diminta terlebih dulu.

"Utamakan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Karena kecerobohan yang kita lakukan, tentu tak hanya merugikan diri sendiri, namun juga orang yang ada di sekitar kita," jelasnya.