Polisi harus jadi teladan bagi masyarakat, kata Kapolda Kalteng

id Polda kalteng, polisi, polri, kalteng, kalimantan tengah, razia, operasi patuh telabang, lalu lintas, rambu, oknum anggota, palangka raya

Polisi harus jadi teladan bagi masyarakat, kata Kapolda Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Pol Ilham Salahudin menyematkan pita kepada salah satu anggotanya, tanda dimulainya Operasi Patuh Telabang 2019 yang dilaksanakan di halaman Mapolda setempat, Palangka Raya, Kamis, (29/8/19). (ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Ilham Salahudin meminta kepada seluruh anggotanya, untuk menjadi teladan bagi masyarakat, khususnya ketika mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Bagi anggota Polda Kalteng harus menjadi teladan masyarakat saat berada di ruang publik, tidak terkecuali ketika berkendara," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Ia menjelaskan, saat masyarakat dituntut patuh terhadap peraturan lalu lintas, maka hal itu juga berlaku bagi polisi. Jangan sampai dalam penyelenggaraan kegiatan itu, dikemudian harinya ada oknum anggota memberikan contoh tidak baik.

Salah satu contohnya, yakni saat mengendarai roda dua namun tali pengaman pada helm tidak diklik. Hal itu sama saja memberikan contoh yang kurang baik kepada masyarakat, sehingga harus dicegah.

"Kalau masyarakat dituntut patuh berlalu lintas, maka begitu pula terhadap anggota kepolisian, juga termasuk yang menyelenggarakan kegiatan operasi patuh," ucap jendral bintang dua itu.

Mantan Komandan Korps Brimob Polri itu juga menegaskan, selama kegiatan Operasi Patuh Telabang 2019 yang dilaksanakan sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019, dirinya tidak mau mendengar adanya anggota yang melakukan kesalahan.

Apalagi tujuan operasi yang dilaksanakan selama 13 hari itu, sebenarnya agar masyarakat tertib berlalu lintas, mulai dari mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengenakan serta membawa kelengkapan berkendara, termasuk surat-surat berkendara.

"Saya juga memerintahkan agar dilakukan pemeriksaan terhadap anggota Polri dalam hal kelengkapan berkendara. Kalau tidak lengkap tentunya harus diberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku," tandasnya.

Melalui Operasi Patuh Telabang tahun 2019 yang dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng itu, diharapkan tingkat kepatuhan pengendara dalam berlalu lintas semakin meningkat. Hingga pada akhirnya tingkat kerawanan atau potensi terjadinya kecelakaan saat berkendara semakin menurun.