Pekan depan daftar fraksi DPRD Kalteng diserahkan, kata Duwel Rawing

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,ketua sementara dprd kalteng,duwel rawing,pembentukan fraksi di dprd kalteng,fraksi dprd kalteng

Pekan depan daftar fraksi DPRD Kalteng diserahkan, kata Duwel Rawing

Anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024. (HO/Sekretariat DPRD Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Sementara DPRD Kalimantan Tengah Duwel Rawing menyatakan bahwa partai politik yang memiliki kursi di lembaga ini, diberikan waktu sampai pekan depan untuk menyerahkan daftar nama pimpinan dan anggota fraksi.

Tenggat waktu penyerahan daftar fraksi itu merupakan hasil kesepakatan rapat perdana yang diikuti seluruh anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024, kata Duwel di Palangka Raya, Jumat.

"Rapat perdana yang kami laksanakan, Kamis (30/8), menyepakati bahwa daftar fraksi diserahkan pada tanggal 3 September 2019. Semoga tidak ada kendala," ucapnya.

Dikatakan, ada beberapa partai politik yang dapat membentuk fraksi sendiri di DPRD Kalteng yakni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golongan Karya (Golkar), Demokrat, Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: Penetapan Pimpinan DPRD Kalteng tergantung rekomendasi parpol

Sedangkan parpol yang tidak bisa membentuk fraksi sendiri yakni, Partai Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai  Perindo, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Untuk parpol tidak bisa membentuk fraksi sendiri, bisa bergabung dengan parpol yang bisa membentuk sendiri. Atau, bisa juga membuat fraksi gabungan. Kami serahkan ke parpol masing-masing," kata Duwel.

Terpisah, Anggota DPRD Kalteng sekaligus Ketua DPW Partai Nasdem Faridawaty Darlan Atjeh mengaku, sedang mempersiapkan surat keputusan daftar fraksi yang diserahkan kepada pimpinan sementara, dan terbuka dengan parpol lain jika ingin bergabung dengan fraksinya. 

Dia mengatakan sekarang ini pihaknya masih memantau perkembangan pembahasan pembentukkan fraksi di DPRD Kalteng, sembari mempersiapkan daftar nama untuk diserahkan ke pimpinan sementara.

"Intinya, sekalipun bisa membentuk fraksi sendiri, kami tetap terbuka dengan parpol lain yang ingin bergabung. Kami akan menyerahkan daftar pimpinan dan anggota fraksi sesuai waktu yang telah disepakati," demikian Faridawaty.

Baca juga: Andina Narang kembali dipercaya jabat Ketua KPP Kalteng

Baca juga: DPRD Kalteng diminta utamakan kepentingan umum daripada golongan

Baca juga: Harmonisasi Anggota DPRD dan pemprov harus lebih ditingkatkan