Legislator Gumas tegaskan pemilihan BPD harus bebas dari politik uang

id dprd kabupaten gunung mas,kabupaten gumas,gumas,ketua sementara gumas,Gumer

Legislator Gumas tegaskan pemilihan BPD harus bebas dari politik uang

Ketua sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas Gumer saat memberi keterangan kepada awak media di ruang kerjanya, baru-baru ini. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Gumer menegaskan bahwa pemilihan anggota badan permusyawaratan desa yang rencananya dilaksanakan dalam waktu dekat, harus bebas dari politik uang.

“Saat ini sejumlah desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas akan melaksanakan pemilihan anggota BPD. Saya ingatkan bahwa pemilihan harus bebas dari politik uang,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

Legislator Gumas dari daerah pemilihan III meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu itu pun mendorong para kandidat agar bersaing dengan sportif, serta melakukan kampanye sesuai aturan.

Para kandidat, lanjut dia, hendaknya dapat mengedepankan visi dan misi, tidak melakukan kampanye hitam atau kampanye negatif yang malah akan menyebabkan persaingan menjadi tidak sehat.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini juga mengingatkan kepada panitia pemilihan agar selalu menjaga netralitas, tidak berpihak kepada salah satu calon tertentu, serta menjalankan tugas sesuai ketentuan.

“Masyarakat yang sudah memiliki hak pilih saya ajak untuk menggunakan hak pilih pada saatnya nanti. Satu suara akan berpengaruh terhadap kemajuan desa nantinya,” beber legislator yang telah terpilih sebanyak tiga periode ini.

Baca juga: DPRD Gumas: Orang tua harus bisa menjadi teman bagi anak

Pria kelahiran Desa Parempei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gumas ini mengajak masyarakat agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai perbedaan pilihan dan dukungan membuat masyarakat menjadi terpecah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gumas Yulius Agau mengatakan saat ini animo masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota BPD di wilayah setempat sudah cukup baik.

Itu artinya, sambung dia, kesadaran masyarakat desa untuk turut berperan dan ambil bagian dalam membangun desa mereka sudah baik. Bahkan,kesadaran itu tidak hanya muncul di kaum laki-laki, namun juga di kaum perempuan.

“Masyarakat desa saya imbau untuk turut menyukseskan pelaksanaan pemilihan anggota BPD di desa masing-masing. Bagi yang sudah memiliki hak pilih hendaknya jangan sampai golongan putih,” demikian Yulius.

Baca juga: Legislator Gumas: Siapkan diri sebagai penyangga ibu kota negara baru

Baca juga: Masyarakat Gumas diminta hormati keputusan Presiden terkait pemindahan ibu kota