Jamaah haji Kotim berkurang empat orang

id Jamaah haji Kotim berkurang empat orang,JCH,Calon haji,Haji,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit

Jamaah haji Kotim berkurang empat orang

Bupati H Supian Hadi mengalami jamaah calon haji asal Kotawaringin Timur saat pemberangkatan dari Islamic Center Sampit pada 26 Juli lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Rombongan jamaah haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah yang akan tiba di Sampit nanti berkurang empat orang dibanding saat keberangkatan lalu.

"Awalnya jamaah Kotawaringin Timur saat keberangkatan dari Sampit sebanyak 216 orang calon haji dan satu orang petugas TPHD sehingga total 2017 orang. Tapi, yang tiba nanti hanya 213 orang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur H Samsudin di Sampit, Senin.

Jamaah haji Kotawaringin Timur terdiri dari 99 laki-laki dan 118 perempuan. Mereka tergabung dalam kelompok terbang 13 yang nantinya diberangkatkan bersama jamaah asal Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya.

Jamaah diberangkatkan dari Sampit menuju Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin 26 Juli lalu. Mereka menempuh perjalanan darat sekitar delapan jam menggunakan tujuh bus.

Saat di Banjarmasin, ada dua calon haji yang sakit dan terpaksa dirawat di rumah sakit setempat. Kondisi kesehatan mereka belum juga pulih hingga keloter terakhir melalui embarkasi itu diberangkatkan, sehingga keberangkatan dua calon haji tersebut akhirnya diputuskan ditunda.

Jika kondisinya sehat, keduanya akan diberangkatkan pada musim haji 2020 nanti. Samsudin mendoakan kedua calon haji yang memang sudah lanjut usia itu diberi kesehatan sehingga bisa berangkat menjalankan ibadah haji pada tahun depan.

Baca juga: Sudah dua orang jamaah haji Kotim meninggal dunia

Sementara itu saat di tanah suci, ada dua orang jamaah asal Kotawaringin Timur yang meninggal dunia. Mereka bernama Darmawi dan Tajudin Noor yang meninggal di Mekah setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji.

"Berdasarkan jadwal, jamaah akan kembali dari Madinah pada 6 September dengan jumlah 213 orang. Mereka dijadwalkan tiba di Banjarmasin pada Sabtu tanggal 7 September pukul 04.25 Wita dan akan diberangkatkan menuju Sampit pukul 08.00 Wita sehingga diperkirakan tiba di Sampit pukul 18.00 WIB," jelas Samsudin.

Samsudin mengajak masyarakat mendoakan seluruh jamaah diberikan kesehatan dan kelancaran sehingga tiba di Sampit dengan selamat, aman dan lancar.

Seperti saat pemberangkatan, jamaah haji Kotawaringin Timur rencananya akan disambut di Islamic Center Sampit. Rencananya rombongan akan disambut acara oleh pemerintah daerah.