Pensiunan PNS Kotim diminta tetap membantu masyarakat

id Pensiunan PNS Kotim diminta tetap membantu masyarakat,Pegawai,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit

Pensiunan PNS Kotim diminta tetap membantu masyarakat

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor saat inspeksi mendadak ke sejumlah instansi usai Lebaran lalu, sekaligus memotivasi pegawai agar tetap bersemangat melayani masyarakat. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pensiunan pegawai negeri sipil di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah diminta tetap berkiprah membantu masyarakat dan daerah meski tidak lagi aktif dalam kedinasan.

"Walaupun sudah pensiun bisa tetap membantu masyarakat dan pemerintah. Masyarakat dan daerah masih membutuhkan sumbangsih para pensiunan PNS," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur di Sampit, Senin.

Harapan itu disampaikan Halikinnor saat menyerahkan surat keputusan pensiun empat PNS setempat. Acara digelar sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi keempat pegawai tersebut selama ini.

Empat pegawai yang pensiun tersebut adalah Rustam Fuadi yang merupakan staf ahli yang beberapa kali menduduki jabatan kepala dinas, Basri yang merupakan salah satu Kasubbag di Bagian Umum, Asmadi yang merupakan staf Asisten 3 Sekretariat Daerah, serta H Kurdiansyah yang merupakan Kepala Seksi Pemerintahan di  Kecamatan Kota Besi.

Halikinnor mengatakan, pemerintah daerah sangat berterima kasih dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada empat pegawai yang memasuki masa pensiun tersebut. Selama ini mereka telah mendedikasikan dirinya dengan baik untuk melayani masyarakat.

Selama menjalankan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, banyak sumbangsih tenaga dan pemikiran yang mereka berikan untuk pembangunan daerah dan masyarakat. Kontribusi itu diharapkan menjadi ladang amal bagi mereka kelak.

Berbagai prestasi dan hal positif yang ditunjukkan keempat pegawai tersebut akan menjadi teladan bagi pegawai lainnya yang masih aktif, terlepas dari sisi kekurangan setiap orang sebagai manusia biasa.

"Terima kasih dan penghargaan atas dedikasi yang baik dan mereka pensiun tidak ada permasalahan. Semoga bisa tetap berkontribusi terhadap masyarakat dan daerah," harap Halikinnor.

Pensiunan PNS yang terjun secara penuh di masyarakat mempunyai kelebihan. Dengan pengalaman yang mereka miliki ketika masih aktif sebagai PNS akan sangat bermanfaat untuk diterapkan secara penuh di masyarakat.

Pensiunan PNS diharapkan menjadi teladan yang baik bagi masyarakat luas. Mereka diharapkan menjadi pelopor dan motivator bagi masyarakat di lingkungan masing-masing dalam melakukan berbagai kegiatan yang membawa manfaat bagi orang banyak.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur Alang Arianto mengatakan, jumlah pegawai negeri sipil Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah yang akan pensiun pada 2019 ini yaitu sedikitnya 100 orang sehingga membuat jumlah pegawai yang dimiliki makin berkurang.

"Sekitar 100 orang itu baru dari pegawai yang memang memasuki batas usia pensiun. Itu belum termasuk berkurangnya jumlah pegawai akibat pensiun atas permintaan sendiri atau pensiun dini, pemberhentian tidak dengan hormat, pindah ke luar daerah maupun meninggal dunia," kata Alang.

Saat ini jumlah pegawai Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang berstatus pegawai negeri sipil sebanyak 5.293 orang dan tenaga kontrak sekitar 2.750 orang. Mereka tersebar di 17 kecamatan, 17 kelurahan dan 168 desa.