13 tim siap bersaing pada Perbasi Cup Kota Palangka Raya

id Perbasi cup, palangka raya, olahraga, bola basket, generasi muda, atlet daerah, sumber daya, turnamen, kompetisi

13 tim siap bersaing pada Perbasi Cup Kota Palangka Raya

Ketua Perbasi Palangka Raya Dhandung (kanan) dan Sekretaris Perbasi Palangka Raya Januariansyah Bagan. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Perbasi Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Dhandung menjelaskan, sebanyak 13 tim siap bersaing dan beradu pada turnamen bola basket Perbasi Cup yang rencananya dilaksanakan pada 4-14 September 2019 mendatang.

"13 tim yang terdaftar itu, terdiri dari sembilan tim kategori umum dan empat tim kelompok umur 18 tahun putra," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Turnamen itu digelar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi Palangka Raya, untuk menjadi sarana peningkatan kualitas sumber daya dari para atlet yang ada di wilayah setempat.

Menurutnya turnamen itu menjadi wadah yang sangat strategis, untuk mengembangkan bakat-bakat yang dimiliki atlet di daerah agar tidak kalah bersaing dengan atlet asal luar Palangka Raya maupun Kalteng.

"Turnamen ini sebagai wadah untuk mengaplikasikan program pembinaan olahraga bola basket, sehingga para atlet di daerah bisa terpacu dan lebih semangat untuk meningkatkan kemampuannya," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya juga menginginkan, agar olahraga bola basket bisa lebih dikenal dan disukai oleh warga Palangka Raya, baik yang sudah berusia dewasa maupun anak-anak.

Saat ini animo masyarakat khususnya generasi muda terhadap olahraga bola basket di Palangka Raya sudah cukup baik, namun sudah seharusnya diimbangi dengan pembinaan secara berkelanjutan.

Untuk itulah, pihaknya ingin agar turnamen bola basket bisa lebih sering digelar di Palangka Raya, sehingga pengembangan atlet maupun cabang olahraganya dapat lebih maksimal.

"Selain sebagai sarana pengembangan sumber daya manusia, hal tersebut juga bisa dijadikan alternatif media promo maupun hiburan," ungkapnya kepada ANTARA.

Pada turnamen tersebut, akan menggunakan aturan FIBA 2018 yang hingga saat ini masih dipergunakan. Pihaknya berharap olahraga bola basket di Palangka Raya tidak hanya berprestasi pada skala daerah atau provinsi saja, namun juga di tingkat nasional.

Turnamen yang dilaksanakan di lapangan basket Sanaman Mantikei itu, diyakini membuat persaingan dan perkembangan bola basket menjadi semakin baik dan kompetitif. Terlebih hadiah total yang diperebutkan nantinya adalah Rp15 juta.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar