Dua pasar di Barito Timur direvitalisasi

id Dua pasar di Barito Timur direvitalisasi,Bupati Barito Timur,Bartim,Pasar

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memimpin rapat kordinasi terkait rencana pemindahan pedagang Pasar Beringin di Kantor Kecamatan Dusun Tengah, Kamis (5/9/2019) kemarin. ANTARA/HO-Kecamatan Dusun Tengah

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah segera merevitalisasi dua pasar di wilayah setempat yakni Pasar Jaar Kecamatan Dusun Timur dan Pasar Dayu Kecamatan Karusen Janang.

"Revitalisasi pasar tersebut untuk menggairahkan kembali perekonomian atau niaga di pasar tersebut sehingga terciptanya perputaran ekonomi di masyarakat di wilayah tersebut," kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat.

Menurut Ampera, warga lokal setempat bisa menjadikan pasar tersebut sebagai tempat atau sarana usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat setempat.

Dana revitalisasi pasar bersumber dari pemerintah pusat melalui kucuran dana alokasi khusus. Revitalisasi dua pasar itu berdasarkan usulan Pemerintah Kabupaten Barito Timur kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan.

Sedangkan untuk tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengusulkan revitalisasi empat pasar yang ada di beberapa kecamatan yang ada di Barito Timur.
Untuk Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang akan dilakukan renovasi dan menempatkan pelaku usaha UMKM maupun usaha milik desa seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pelaku usaha di bidang pertanian.

Hal ini untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan serta pendapatan Desa melalui BUMDes. Jika BUMDes maju maka akan berdampak positif terhadap perekonomian dan kemajuan desa serta masyarakatnya.

Sementara itu, Pasar Beringin di Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah yang baru saja selesai telah dalam tahap peninjauan akhir dan sedang dalam tahap penataan.

"Penataan dimaksud yakni menata tata perdagangan dan juga pedagang di Pasar Beringin, Ampah tersebut ," kata Ampera.

Pedagang diharapkan mampu memanfaatkan pasar yang telah didanai pemerintah untuk menjadi lokasi pusat jual beli yang bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Berkembangnya pasar di kabupaten Barito Timur diyakini akan menciptakan peluang pendapatan asli daerah untuk Pemerintah Kabupaten Barito Timur melaksanakan pembangunan.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar