Legislator Gumas dorong kaum perempuan daftar sebagai calon BPD

id DPRD Kabupaten Gunung Mas,badan permusyawaratan desa (BPD),Legislator Gumas dorong kaum perempuan daftar sebagai calon BPD

(Dari kiri) Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Gumas Punding S Merang, Anggota DPRD Kabupaten Gumas Yuniwa, Ketua sementara DPRD Kabupaten Gumas Gumer, dan Anggota DPRD Kabupaten Gumas Nomi Aprilia berdiskusi tentang berbagai hal, di kantor DPRD setempat, baru-baru ini. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Yuniwa mendorong kaum perempuan di desa agar jangan ragu untuk mendaftar sebagai calon anggota badan permusyawaratan desa (BPD).

“Saat ini sejumlah desa di Kabupaten Gunung Mas sudah memulai tahapan pemilihan BPD. Saya harap nantinya ada keterwakilan perempuan dalam pemilihan BPD di masing-masing desa,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Perempuan kelahiran Desa Tewang Pajangan, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gumas ini mengatakan, BPD merupakan lembaga yang menjadi perwujudan jalannya demokrasi di dalam suatu penyelengaraan pemerintahan desa.

Mengingat pentingnya praktik politik berbasis kesetaraan gender, lanjut dia, maka kaum perempuan di Kabupaten Gumas juga harus mampu menunjukkan perannya di pemerintahan, termasuk di pemerintahan desa.

Menurut politisi Partai Golongan Karya ini, seorang perempuan diciptakan sebagai penolong yang sepadan bagi suaminya serta sebagai ibu yang mampu menjadi teladan dan pelindung bagi anak-anaknya.

“Tidak hanya itu, seorang perempuan hendaknya juga harus mampu berperan dan ambil bagian pada bidang sosial serta politik, khususnya dalam memperjuangkan hak-hak kaumnya,” beber Yuniwa.

Sudah seharusnya perempuan tidak hanya menjadi penonton di panggung politik dan dalam pemerintahan, melainkan juga harus ikut terlibat di dalamnya, agar keputusan-keputusan yang diambil lebih memperhatikan kepentingan perempuan.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Kurun, Mihing Raya dan Sepang ini menyampaikan harapannya agar pemilihan BPD di wilayah setempat dapat berjalan dengan lancar, aman dan demokratis.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gumas Yulius Agau mengatakan saat ini animo masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota BPD di wilayah setempat sudah cukup baik.

Itu artinya, sambung dia, kesadaran masyarakat desa untuk turut berperan dan ambil bagian dalam membangun desa mereka sudah baik. Bahkan, kesadaran itu tidak hanya muncul di kaum laki-laki, namun juga di kaum perempuan.

“Masyarakat desa saya imbau untuk turut menyukseskan pelaksanaan pemilihan anggota BPD di desa masing-masing. Bagi yang sudah memiliki hak pilih hendaknya jangan sampai golongan putih,” demikian Yulius.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar