Dishub Gumas ajukan permohonan bantuan bus ke pemerintah pusat

id Dishub Gumas,bantuan bus ,Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunung Mas,Dishub Gumas ajukan permohonan bantuan bus ke pemerintah pusat

Para pelajar di Kota Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas memanfaatkan layanan bus sekolah Pemkab Gunung Mas, baru-baru ini. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Yemmie mengatakan pemerintah kabupaten setempat telah mengajukan permohonan bantuan bus sekolah ke pemerintah pusat.

“Kami sudah mengajukan permohonan bantuan dua unit bus sekolah kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,” ucap Yemmie saat dibincangi di Kuala Kurun, Senin.

Dikatakan, pada tahun 2018 lalu Kabupaten Gumas mendapat bantuan satu unit bus sekolah untuk angkutan pelajar dari Kemenhub RI. Bus sekolah tersebut saat ini sudah beroperasi melayani para pelajar di Kuala Kurun.

Namun dari luasan daerah, jumlah pelajar dan ketersediaan sarana angkutan umum, Kabupaten Gumas masih membutuhkan dua unit bus sekolah. Mengingat keterbatasan ketersediaan anggaran, dia berharap permintaan bantuan dapat dipenuhi.

Adanya bantuan bus sekolah diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan bagi para pelajar, dari pada mereka menggunakan kendaraan roda dua yang terbukti memberikan kontribusi terhadap angka kecelakaan yang tinggi.

Selain itu diharapkan para pelajar dapat lebih tepat waktu untuk ke sekolah, menjamin tersedianya angkutan umum di daerah bagi pelajar kurang mampu, menghemat biaya transportasi dari dan menuju ke sekolah masing-masing, dan lainnya.

“Banyak pelajar yang memanfaatkan pelayanan bus sekolah dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas. Terkadang mereka harus berdesakan, jadi memang perlu tambahan dua unit bus sekolah,” bebernya.

Dia menyebut, saat ini pelayanan bus sekolah dari Pemkab Gumas dibagi menjadi dua rute, yakni rute pagi atau berangkat sekolah dan rute siang atau pulang sekolah. Pelayanan juga hanya dilakukan di kota Kuala Kurun.

Diharapkan permohonan bantuan dapat dipenuhi, sehingga pelayanan bus sekolah dapat dilakukan kepada seluruh pelajar baik itu tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

Selain mengajukan permohonan bantuan dua unit bus sekolah, sambung dia, Pemkab Gumas juga mengajukan bantuan sebanyak dua unit bus umum kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI.

“Total permohonan bantuan bus yang kami ajukan kepada pemerintah pusat adalah sebanyak empat unit, dengan rincian dua unit bus sekolah dan dua unit bus umum. Ini mendapat dukungan dari DPRD Kabupaten Gunung Mas,” demikian Yemmie.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar