PDAM perlu tingkatkan SDM karyawan, kata Wabup Bartim

id Pemkab bartim, bartim, barito timur, tamiang layang, pdam, air bersih, diklat, pelatihan dan pendidikan, masyarakat, sdm

Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh memberikan arahan dan sambutan saat pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi karyawan PDAM Barito Timur tahun 2019 di Tamiang Layang, Rabu, (11/9/2019). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Habib Said Abdul Saleh Al Qadry meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan, agar pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan secara maksimal.

"Pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dilaksanakan hari ini sebagai kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi seluruh karyawan PDAM Barito Timur, tentunya harus benar-benar bisa dicapai," katanya di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya SDM merupakan aspek yang penting bagi keberlangsungan dan perkembangan suatu organisasi maupun perusahaan. Terlebih PDAM merupakan perusahaan milik daerah yang salah satu fungsinya, melayani pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

Karenanya peningkatan SDM sangat berguna dan diperlukan, baik dalam penguasaan teknologi, penggunaan modal, pengaturan dana, hingga pemberian produk yang berkualitas bagi pelanggan.

Pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu variabel penting dalam peningkatan kualitas SDM di dalam suatu organisasi. Untuk selanjutnya, perlu dipahami segala sesuatu berkaitan dengan pelatihan tersebut.

Sedangkan pendidikan adalah proses pengembangan SDM. Pendidikan dimaksudkan untuk pembinaan atau pengembangan kemampuan berpikir para pegawai, sehingga mereka dapat menunaikan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya. 

"Pada hakikatnya pelatihan, sebagai usaha pengenalan untuk mengembangkan kinerja tenaga kerja pada pekerjaan yang dipikulnya. Hal ini berarti melakukan perubahan perilaku, sikap, keahlian dan pengetahuan," terang Habib Saleh.

Selain itu, pelatihan bisa dikatakan sebagai usaha memperbaiki performa pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya, atau satu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya. 

Dengan demikian, pelatihan lebih mengembangkan keterampilan teknis sehingga pegawai dapat menjalankan pekerjaan sebaik-baiknya. Latihan berhubungan langsung dengan pengajaran tugas pekerjaan.

"Melalui diklat peningkatan SDM itu, kami harapkan dapat menciptakan suatu lingkungan kerja yang seluruh karyawannya dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk membantu organisasi mencapai sasaran yang ditargetkan," jelasnya.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar