Polres bantu penuhi kebutuhan darah di Bartim

id Polres bartim, bartim, barito timur, tamiang layang, hut lalu lintas, bhayangkara, lantas, donor darah, aksi sosial

Polres bantu penuhi kebutuhan darah di Bartim

Kasatlantas Polres Bartim Iptu Sugeng (kiri) bersama anggota ikut mendonorkan darah pada HUT ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara di unit transfusi darah di RSUD Tamiang Layang, Kamis, (12/9/2019). (ANTARA/Ho-Polres Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Anggota Polres Barito Timur, Kalimantan Tengah turut berpartisipasi dalam upaya pemenuhan kebutuhan darah di wilayah setempat, melalui kegiatan sosial donor darah yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang.

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy di Tamiang Layang, Jumat mengatakan, aksi donor juga dilaksanakan sekaligus untuk memperingati HUT ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara.

"Kegiatan ini banyak manfaatnya, utamanya berbagi dan saling bantu kepada sesama manusia," katanya kepada ANTARA.

Sebelum mendonorkan darah, sejumlah anggota diimbau menjaga kondisi fisik mereka, agar bisa menjadi pendonor dan tetap sehat setelah mendonorkan darahnya.

Donor darah dilaksanakan di ruang unit transfusi darah di RSUD Tamiang Layang. Sebelum melakukan donor, anggota Polres Barito Timur yang menjadi pendonor diperiksa kesehatannya, baik dari tensi (tekanan) darah dan hemoglobin darah.

Jika tidak dalam kondisi sehat maupun memenuhi kriteria yang ditentukan, calon pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya.

Kebutuhan darah saat ini sangatlah penting karena belum bisa dibuat seperti obat-obatan lainnya. Darah hanya bisa didapat dari donor saja. Selain menjadi nilai ibadah, pendonor darah juga akan lebih sehat setelah mendonorkan darahnya.

"Kita tahu bahwa setetes darah sangat bermanfaat dan berharga bagi masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Dalam memperingati HUT Lalu Lintas ke-64 Bhayangkara, Polres Barito Timur juga melaksanakan berbagai kegiatan lainnya. Selain donor darah, juga dilaksanakan olahraga bersama untuk meningkatkan kesehatan dan stamina, serta kualitas personel dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Semua kegiatan yang pihaknya laksanakan, memiliki dampak positif bagi para anggota serta masyarakat. Polres Bartim berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan di daerah, sesuai tugas dan fungsi yang dimiliki.