Uskup yakin umat Katolik Kalteng mampu lebih berprestasi di pesparani

id kalimantan tengah,kalteng,uskup palangka raya,mgr aloysius sutrisnaatmaka,pesparani,lp3k kalteng

Uskup yakin umat Katolik Kalteng mampu lebih berprestasi di pesparani

Uskup Palangka Raya Mgr Aloysius Sutrisnaatmaka (dua dari kiri) bersebelahan dengan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya dan lainnya foto bersama saat pembukaan Musda I LP3K Kalteng di keuskupan Palangka Raya, Jumat (13/9/2019). (ANTARA/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Uskup Palangka Raya Mgr Aloysius Sutrisnaatmaka meyakini umat katolik di Provinsi Kalimantan Tengah apabila terus berlatih secara sungguh-sungguh, pasti mampu memberikan yang terbaik dan lebih berprestasi di pagelaran pesta paduan suara gerejani tingkat nasional di Kupang, Nusa Tenggara Timur tahun 2020.

Keyakinan itu karena umat katolik Kalteng pada saat pesparani nasional pertama di Ambon tahun 2018 berhasil meraih dua emas dan tujuh perak, kata Aloysius usai mengikuti pembukaan musyawarah daerah pertama (musda I) Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik (LP3K) Kalteng di Keuskupan Palangka Raya, Jumat malam.

“Potensi umat katolik di Kalteng sangat luarbiasa, tinggal bagaimana mengembangkannya. Peran dan kesungguhan LP3K Kalteng sangat dibutuhkan dalam mengembangkan potensi umat katolik yang punya talenta-talenta luabiasa itu,” tambahnya.

Imam tertinggi umat katolik di Kalteng itu pun berpesan agar Musda I LP3K yang sedang diselenggarakan tersebut, harus menjadi wadah saling berbagai informasi dan pengalaman dalam hal memberikan penampilan terbaik saat berkompetensi di pesparani nasional.

Dia mengatakan dalam Musda I itu juga perlu dilihat potensi masing-masing kabupaten/kota se-Kalteng yang layak mewakili Kalteng di pesparani nasional. Dengan begitu, ada persiapan yang lebih matang sebelum tampil di pesparani nasional.

“Dalam pesparani nasional itu ada 13 kategori yang dilombakan. Jadi, kalau ada pembagian di masing-masing kabupaten/kota se-Kalteng, saya yakin hasilnya akan optimal,” kata Aloysius.

Selain menampilkan yang terbaik, Uskup Palangka Raya itu juga mengharapkan umat katolik memaknai pesparani sebagai perwujudan dalan meningkatkan iman terhadap Allah, sekaligus berkontribusi dan terlibat aktif memajukan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Kontingen Kalteng diharapkan berprestasi di Pesparani Nasional

“Umat Katolik juga harus saling mengasihi antar sesame umat manusia. Dan, jangan lupa, Katolik memberikan perhatian serius terhadap lingkungan,” demikian Aloysius.

Musda I LP3K Kalteng tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, dihadiri sejumlah organisasi katolik yang ada di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu.

Baca juga: Umat Katolik laksanakan Jalan Salib kenang kisah penyaliban Yesus Kristus

Baca juga: Umat Katolik berdoa selama 9 hari berturut-turut demi kelancaran Pemilu 2019