Dua haji batal pulang bersama kloter terakhir

id Haji aceh, haji batal pulang, kloter terakhir haji aceh

Dua haji batal pulang bersama kloter terakhir

Jamaah kloter 1 saat tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Daud Pekah mengatakan dua haji Debarkasi Aceh batal kembali ke tanah air bersama kelompok terbang (kloter) terakhir, lantaran masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi.

"Dengan tibanya Kloter 12 maka seluruh prosesi pemulangan jamaah haji Aceh sudah selesai, tinggal dua jemaah lagi yang nanti kita koordinasikan dengan panitia pusat," katanya, yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, di Banda Aceh, Ahad.

Dia menjelaskan, dua jamaah yang ditunda kepulangannya dari Arab Saudi yakni Aminah Muhammad Aji (61) asal Aceh Utara dan Mat Budin Abdul Latif (99) asal Aceh Tamiang.

"Aminah tergabung dalam Kloter 6, yang direncanakan akan berangkat kembali bersama Kloter 12. Tetapi, dibatalkan karena masih di rumah sakit Al Ansaar Madinah. Dia menjalani perawatan infeksi paru-paru dan juga menderita hipertensi, gula dan kepikunan," katanya.

Sementara Mat Budin, kata Daud, merupakan jamaah tertua se-Aceh pada musim haji tahun ini yang tergabung dalam kloter 7. Ia juga masih dirawat di rumah sakit King Faisal karena diagnosa radang paru-paru kronis (COPD), gagal ginjal kronis (CKD) dan detak jantung yang tidak teratur.

"Ia belum direkomendasikan pulang karena masih tidak sadar. Saat ini ia dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit King Faisal dengan alat bantu pernapasan dan pemasangan selang nasogastrik (NGT). Dua jamaah ini akan pulang hingga dinyatakan layak terbang oleh petugas kesehatan Arah Saudi," katanya.

Hingga kloter terakhir tiba di Aceh, tercatat sebanyak 4.649 jamaah haji Aceh yang kembali dengan selamat ke tanah air, dari sebelumnya yang berangkat sebanyak 4.666 orang jamaah.

"Hingga saat ini sebanyak 15 orang jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi," katanya.*
 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar