Bupati Bartim wacanakan pembangunan bundaran bertugu Gunung Perak

id Bupati Bartim wacanakan pembangunan bundaran bertugu Gunung Perak,Bupati Bartim,Ampera AY Mebas

Bupati Bartim wacanakan pembangunan bundaran bertugu Gunung Perak

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mewacanakan membangun bundaran dengan tugu Gunung Perak di Longkang Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur.

"Jika jalan lingkar utara berhasil selesai dan dilanjutkan dengan peningkatan pengerasan pada tahun 2020, maka akan dibangun bundaran bertugu Gunung Perak," kata Ampera di Tamiang Layang, Minggu.

Menurut Ampera, bundaran dengan tugu Gunung Perak merupakan program Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk menampilkan ciri khas Dayak Ma'anyan di Kalimantan Tengah.
Gunung Perak merupakan gambaran sebuah pohon tentang kehidupan yang melambangkan permohonan restu dari roh atau leluhur suku Dayak untuk perjalanan kehidupan dan merupakan lambang kemakmuran, cita-cita dan harapan dalam membangun.

Gunung Perak terdapat Sangku yang berisi beras menjadi akar dari gunung perak berarti kesuburan dari kehidupan manusia. Sedangkan Batang memberikan bermakna harapan untuk mencapai cita-cita dan kekuatan hidup dalam menjalani kehidupan.

Dahan atau ranting merupakan lambang pengharapan dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dan juga mencerminkan kesucian, sedangkan daunnya melambangkan berkat dan kesejahteraan.

Gunung Perak hanya memiliki tiga warga yakni kuning yang melambangkan emas, putih yang melambangkan berlian, silver yang melambangkan perak. Warna ini memiliki makna kesejahteraan.

Gunung Perak biasanya digunakan dalam acara pernikahan dengan tujuan kedua mempelai mampu dan berhasil mengarungi kehidupan hingga meraih kesejahteraan.

"Untuk desain Tugu Gunung Perak sudah ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Barito Timur," kata Ampera.

Ampera mengharapkan dukungan masyarakat dan semua pihak dalam pengembangan tata kota Kabupaten Barito Timur kedepannya. Dia menyadari bahwa seberapa besar dan bagus pun rencana atau program pembangunan yang dibuat pemerintah daerah, tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya masyarakat.

"Keberhasilan pembangunan akan tercapai semakin cepat dengan adanya dukungan penuh dari masyarakat dan seluruh komponen masyarakat," demikian Ampera.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar