BMPAN bagikan masker bantu masyarakat Palangka Raya

id BMPAN bagikan masker bantu masyarakat Palangka Raya,Asap,Karhutla,Kebakaran lahan

BMPAN bagikan masker bantu masyarakat Palangka Raya

Ketua BMPAN Provinsi Kalimantan Tengah Noorkhalis Ridha membagikan masker gratis kepada masyarakat dan pengendara yang melintas di Jalan Mahar Lingkar Luar, Minggu (15/9/2019). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BMPAN) Provinsi Kalimantan Tengah membagikan 1.250  masker dan memberikan pelayanan oksigen gratis terhadap masyarakat yang berada di kawasan Jalan Mahir Mahar lingkar luar sampai ke kawasan Kelurahan Kalampangan Kecamatan
Sabangau Kota Palangka Raya. 

"Kami mengambil lokasi di daerah Jalan Mahir Mahar lingkar luar karena masyarakat di sana sangat membutuhkan masker tersebut," kata Majelis Pertimbangan BMPAN Kalteng Tommy Irawan Diran di Palangka Raya, Minggu. 

Pembagian masker di lokasi tersebut karena kawasan setempat hampir seluruh lahan di kawasan itu terbakar. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di daerah setempat dikhawatirkan terhirup racun asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tidak jauh dari permukiman mereka. 

Agar masyarakat setempat tidak menderita penyakit inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA), pihaknya mengantisipasi dengan cara membagikan masker. Pelayanan pemberian oksigen gratis bagi mereka yang membutuhkan, juga dilakukan dengan menggunakan mobil milik organisasi yang mereka usung ke rumah-rumah penduduk dan para pengendara yang melintas di daerah itu. 

"Masker gratis ini kami bagikan karena melihat situasi udara Kota Palangka Raya sudah tidak sehat, maka dari itu kami melakukan hal ini agar masyarakat kita tidak terkena penyakit ISPA serta lain sebagainya," ungkap Tommy yang juga anggota DPRD Provinsi Kalteng. 

Di lokasi yang sama Ketua BMPAN Provinsi Kalimantan Tengah Noorkhalis Ridha menjelaskan, apa yang mereka lakukan semata-mata bukti pihaknya peduli kepada kesehatan masyarakat Kota Palangka Raya. 

Kawasan Jalan Mahir Mahar lingkar luar terlihat jelas lahan di daerah itu banyak terbakar. Tidak hanya itu, asap akibat karhutla tersebut juga kepulannya cukup pekat, sehingga masyarakat di wilayah setempat keluar rumah wajib menggunakan masker. 

"Semoga masker gratis yang kami bagikan kepada warga sangat bermanfaat ketika kondisi daerah kita dilanda pekatnya asap karhutla pada musim kemarau seperti ini," bebernya. 

Ditambahkan Noorkhalis Ridha yang juga anggota DPRD Kota Palangka Raya itu, apabila kondisi udara kota masih diselimuti asap pekat seperti ini maka pihaknya akan makin gencar membagikan masker gratis. Pihaknya juga siap mencari donatur yang mau membantu untuk membelikan masker yang tujuannya untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis. 

"Insya Allah kami akan cari donatur untuk bisa menyetok masker yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat yang ada di kota kita ini," demikian Noorkhalis. 


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar