KPU Bartim terbaik pertama selenggarakan Pemilu 2019 di Kalteng

id kabupaten barito timur,bartim,kpu bartim,Ketua KPU Bartim,Andi Amyano Gandrung

KPU Bartim terbaik pertama selenggarakan Pemilu 2019 di Kalteng

Komisioner KPU Kalteng dan Barito Timur foto bersama usai menerima penghargaan terbaik pertama kategori kreasi sosilisasi dan partisipasi pemilih dalam pemilu tahun 2019 di Palangka Raya, Minggu. (ANTARA/HO-KPU Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah memberikan penghargaan kepada KPU Kabupaten Barito Timur, karena menjadi terbaik pertama dalam penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.

Penghargaan terbaik pertama yang diterima dari KPU Provinsi itu masuk kategori kreasi sosilisasi dan partisipasi pemilih, kata Ketua KPU Barito Timur Andi Amyano Gandrung di Tamiang Layang, Senin.

"Penghargaan yang diberikan itu menjadi motivasi bagi kami komisioner KPU Bartim dalam melaksanakan tugasnya, termasuk nantinya saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng tahun 2020," ucapnya.

Selain itu, KPU Bartim juga akan terus memperbaiki segala kekurangan di beberapa bidang, agar bisa dan mampu memberikan pelayanan terbaik pada pemilu berikutnya.

"Penghargaan diraih pihaknya merupakan hasil kerjasama semua komisioner yang turut serta berpartisipasi melakukan sosialisasi ke pelosok-pelosok desa dalam mensukseskan pemilu," kata Andi.

Komisioner KPU Barito Timur divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia (SDM) Zarmiyeni menambahkan, penghargaan kreasi sosilisasi dan partisipasi pemilih dengan indikator penilaian berupa sosialisasi yang telah dilakukan yang muaranya akan terlihat dari partisipasi pemilih.

Baca juga: DPRD Bartim sebut pengembangan olahraga harus dimulai dari desa

Sosilisasi tersebut dinilai dari segi intensitas sosialisasi, kreasi sosialisasi dan segmen sosialisasi yang dilaksanakan KPU Bartim laksanakan sangat intensif, dan melibatkan banyak pihak stakeholder dengan kreasi mengelaborasi kondisi pemilih dan keadaan geografi daerah ini.

"Sasaran sosialisasi sebagaimana  segmen atau basis yang ditetapkan dalam PKPU 10 tahun 2018 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisiasi pemilih telah tersosialisasikan dengan baik," beber Zarmiyeni.

Menurut dia, ada tiga tujuan sosialisasi yakni menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program pemilu, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilu dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

"Semuanya bermuara pada partisipasi masyarakat dalam memilih.Tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Barito Timur diangka 86 persen yang merupakan angka tertinggi diantara kabupaten dan kota se Kalteng" demikian Zarmiyeni.

Baca juga: Bupati Bartim wacanakan pembangunan bundaran bertugu Gunung Perak

Baca juga: Kabut asap kian pekat, Disdik Bartim liburkan sekolah

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar