Perbanyak agenda pariwisata di Seruyan untuk tingkatkan perekonomian

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, seruyan, danau sembuluh, yulhaidir, pariwisata, sektor wisata, objek wisata, pad

Perbanyak agenda pariwisata di Seruyan untuk tingkatkan perekonomian

Salah satu lomba tradisional dalam Festival Ethnic Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan. (ANTARA/Ho-Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir menginginkan, agar semakin banyak agenda pariwisata yang digelar guna memacu pertumbuhan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Semakin banyak agenda pariwisata yang bisa dilaksanakan di setiap tahunnya, maka akan semakin banyak dampak positif yang bisa didapat," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Selain peningkatan perekonomian daerah maupun kesejahteraan masyarakat dengan terciptanya peluang usaha baru, adanya agenda pariwisata juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang berkunjung.

Jadi penentu majunya sektor pariwisata di suatu daerah, tak hanya dipengaruhi keindahan objek wisata maupun sarana dan prasarana yang tersedia, namun juga didukung dengan berbagai agenda pariwisata yang menarik.

"Semakin menarik agenda pariwisata yang digelar, maka akan semakin tinggi minat wisatawan untuk datang berkunjung. Tak hanya wisatawan domestik, namun juga mancanegara," tegasnya.

Seperti yang baru saja dilaksanakan, yakni Festival Ethnic Danau Sembuluh yang diisi dengan berbagai kegiatan tradisional khas masyarakat setempat, seperti lomba layang hias, menganyam tikar, bepupur putih, seribu meriam, menyuar lawuk serta mehabu lawuk.

Kegiatan itu dinilai terselenggara dengan sukses dan menjadi daya tarik tambahan bagi Seruyan, sebab sejumlah wisatawan dari luar daerah ada yang datang berkunjung, untuk melihatnya secara langsung.

"Kegiatan tersebut harus terus dilaksanakan secara rutin di setiap tahunnya, dengan skala yang lebih besar dan dibuat lebih menarik lagi pada tahun-tahun berikutnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Yulhaidir menjelaskan, untuk melaksanakan agenda pendukung kemajuan sektor pariwisata di daerah, jangan hanya berharap dengan pemerintah saja. Namun pihak ketiga atau swasta pun, diminta dapat lebih kreatif dan senantiasa berinovasi untuk menangkap peluang tersebut.

"Semakin banyak agenda atau kegiatan yang dilaksanakan di lokasi wisata daerah, maka akan semakin dikenal pula berbagai objek wisata andalan yang Seruyan miliki," tuturnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar