Keberadaan Karang Taruna punya peranan dukung pembangunan daerah

id karang taruna barito utara,bupati nadalsyah,karang taruna

Keberadaan Karang Taruna punya peranan  dukung pembangunan daerah

Karang Taruna Kabupaten Barito Utara saat melaksanakan rapat kerja kabupaten (Rakerkab) 2019 di aula Kecamatan Teweh Tengah di Muara Teweh, Senin (16/9/19). (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Keberadaan Karang Taruna Barito Utara, Kalimantan Tengah, memiliki peranan penting dalam mendukung program pembangunan daerah, hal ini terbukti dengan program-programnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Membangun daerah dengan tulang punggung generasi muda melalui organisasi nasional seperti Karang Taruna harus mandiri dan memiliki kemampuan yang aktif dan menonjol untuk pembangunan daerah, kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutannya dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda H Masdulhaq pada pembukaan rapat kerja kabupatan Karang Taruna kabupaten setempat di Muara Teweh, Senin.

"Saya berharap kedepan lebih banyak lagi anggota Karang Taruna yang dapat membangun Barito Utara ini dengan soliditas sebagai kunci utama maju atau tidaknya organisasi," tambahnya.

Menurut dia, apabila Karang Taruna Barito Utara menjadi karang taruna terbaik se-Indonesia bukan hanya masyarakat desa atau daerah saja yang bangga. Tapi seluruh masyarakat Barito Utara pun pasti bangga memiliki organisasi Karang Taruna.

Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah desa dan kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

"Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik SDM maupun SDA yang telah ada," katanya.

Dijelaskannya, sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada pedoman dasar dan pedoman rumah tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari desa dan kelurahan sampai pada tingkat nasional.

"Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang. Saya meminta agar pengurus Karang Taruna Barito Utara bisa ikut mengambil peran dalam proses pembangunan di Kabupaten Barito Utara," kata dia.

Karang Taruna sebagai motor penggerak perubahan sosial di lingkungan masyarakat perlu selalu meningkatkan kualitas kelembagaan, sehingga pada gilirannya dapat membina generasi muda secara efektif dan efisien khususnya dalam usaha-usaha yang mendukung laju percepatan pembangunan, salah satunya mengembangkan potensi keterampilan yang ada di daerah kecamatan sampai dengan desa atau kelurahan.

"Dengan bangkitnya kembali organisasi tertua Karang Taruna di Barito Utara, Pemkab menyambut baik diselenggarakannya rapat kerja daerah ini. Yakni sebagai wahana evaluasi terhadap program kerja karang taruna baik keberhasilan, kegagalan, kelemahan, hambatan dan tantangan kinerja," ujar Masdulhaq mengakhiri sambutan bupati.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar