RSUD Muara Teweh gratiskan pengobatan warga kena ISPA

id rsud muara teweh,pengobatan gratis ispa,karhutla barito utara

RSUD Muara Teweh gratiskan pengobatan warga kena ISPA

Petugas RSUD Muara Teweh berada diruang khusus untuk memberikan pelayanan bagi warga yang kena ISPA di rumah sakit setempat di Muara Teweh, Senin (16/9/2019) (ANTARA/HO-Dokumen Warga)

Muara Teweh (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membebaskan biaya pengobatan bagi warga yang kena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan di daerah ini.

"Pembebasan biaya berobat hanya berlaku bagi yang terkena ISPA maupun penyakit lainnya akibat asap. Selain itu, kebijakan tersebut berlaku sejak hari ini selama karhutla yang menyebabkan kabut asap terjadi," kata Direktur RSUD Muara Teweh Drg Dwi Agus Setijowati kepada wartawan di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, warga yang memerlukan oksigen akibat sesak napas darurat asap, silahkan datang ke RSUD Muara Teweh, untuk mendapatkan pelayanan gratis atau tanpa iuran biaya. Namun, dengan catatan gratis untuk rawat jalan saja.

Direktur RSUD tersebut, berharap masyarakat Barito Utara dapat memanfaatkan layanan tersebut.

"Apalagi saat ini kondisi udara di daerah ini  tida bersahabat lagi. Seiring maraknya karhutla  yang menimbulkan kabut asap," katanya.

Sejumlah warga menyambut antusias layanan gratis itu. Salah satu warga Muara Teweh, Tion mengaku saat ini membutuhkan pelayanan kesehatan lebih ekstra. Sebab kondisi asap yang sudah tidak sehat lagi.

Ia sudah merasakan dampak kabut asap sejak pagi hingga siang hari. Terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Tak hanya orang tua, anak-anak juga  mulai merasakan dampaknya. 

"Nah dengan adanya pelayanan pengobatan gratis akibat darurat asap oleh pihak RSUD tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat Barito Utara," ujarnya.