Harga minyak terus menurun hingga Kamis pagi

id Harga minyak, minyak mentah, minyak dunia,harga minyak turun

Harga minyak terus menurun hingga Kamis pagi

Ilustrasi - Turunnya harga minyak (ANTARA/Shutterstock/pri)

New York (ANTARA) - Harga minyak turun sekitar dua persen pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), memperpanjang penurunan hari sebelumnya setelah Arab Saudi mengatakan akan dengan cepat memulihkan produksi penuh setelah serangan akhir pekan lalu pada fasilitasnya, dan karena stok minyak mentah AS naik secara tak terduga.

Ketegangan di Timur Tengah tetap meningkat, namun, setelah Kementerian Pertahanan Saudi mengadakan konferensi pers, menampilkan pesawat tak berawak dan puing-puing rudal yang dikatakannya merupakan "bukti yang tidak dapat disangkal" dari agresi Iran. Presiden AS Donald Trump pada Rabu (18/9/2019) mengatakan ia memerintahkan peningkatan besar sanksi-sanksi terhadap Iran dalam langkah terbaru AS untuk menekan Teheran.

Iran membantah terlibat dalam serangan itu.

Amerika Serikat ingin membangun koalisi mitra Eropa dan Arab untuk menghalangi Iran setelah serangan terhadap Arab Saudi yang dijelaskan oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo pada Rabu (18/9/2019) sebagai "tindakan perang."

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November turun 0,95 dolar AS atau 1,5 persen menjadi ditutup pada 63,60 dolar AS per barel, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober menetap 1,23 folar AS atau 2,1 persen lebih rendah menjadi 58,11 dolar AS per barel.

Stok minyak mentah AS naik 1,1 juta barel pekan lalu, data Badan Informasi Energi (EIA) menunjukkan, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan 2,5 juta barel. Namun, persediaan minyak mentah di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk patokan berjangka, menurun untuk minggu ke-11 berturut-turut minggu lalu, penurunan beruntun terpanjang sejak Agustus 2018.

Minyak mentah juga berada di bawah tekanan setelah Federal Reserve (Fed) AS memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin untuk kedua kalinya tahun ini, mengirim indeks dolar lebih tinggi. Dolar AS yang lebih kuat membuat minyak berdenominasi greenback lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Harga minyak anjlok enam persen pada Selasa (17/9/2019) setelah menteri energi Saudi mengatakan kerajaan telah mengembalikan pasokan minyak kepada pelanggan ke tingkat mereka sebelum serangan dengan menarik dari persediaannya. Serangan pada Sabtu (14/9/2019) secara efektif menutup lima persen dari produksi minyak global, dan mendorong harga naik sekitar 15 persen pada Senin (16/9/2019).

"Serangan itu merupakan eskalasi yang jelas dalam ketegangan Timur Tengah yang sedang berlangsung, dan penargetan struktur 15-18 spesifik, menunjuk pada peningkatan kecanggihan sehubungan dengan perencanaan dan implementasi," kata Pusat Studi Kajian Strategis & Internasional (CSIS) dalam sebuah catatan.

"Ukuran dan durasi pemadaman digabungkan dengan ketersediaan dan waktu pilihan pasokan lainnya, termasuk rilis stok strategis, dan pertimbangan pertumbuhan permintaan, pada akhirnya akan menentukan pergerakan harga berjangka."

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan saat ini pihaknya tidak melihat kebutuhan untuk pelepasan cadangan minyak darurat.

"Secara keseluruhan, selama kita melihat volatilitas yang tinggi ini timbul dari meningkatnya risiko geopolitik bersama dengan masalah kelebihan pasokan/lemahnya permintaan 2020, para generalis kemungkinan akan tetap dikesampingkan dari sektor energi," kata analis di Tudor Pickering Holt dalam sebuah catatan.

Waktu yang menantang

Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan pada Selasa (17/9/2019) rata-rata produksi minyak Arab Saudi pada September dan Oktober akan menjadi 9,89 juta barel per hari (bph) dan bahwa komitmen pasokan minyak bulan ini kepada pelanggan akan dipenuhi sepenuhnya.

Kapasitas produksi akan mencapai 11 juta barel per hari pada akhir September dan 12 juta barel per hari pada akhir November, kapasitas produksi kerajaan sebelum serangan, katanya.

Hubungan antara Amerika Serikat dan Iran telah memburuk sejak Trump menarik diri dari perjanjian nuklir Iran tahun lalu dan menerapkan kembali sanksi terhadap ekspor minyaknya.

Trump pada Rabu (18/9/2019) mengatakan kepada wartawan bahwa ia akan memberikan rincian lebih lanjut tentang peningkatan sanksi AS terhadap Iran dalam waktu 48 jam, setelah mengumumkannya sebelumnya di Twitter. Inisiatif ini mengikuti pernyataan berulang AS bahwa Republik Islam Iran berada di belakang serangan terhadap kerajaan, sekutu dekat AS.

"Pasar minyak global memiliki sumber daya yang cukup bahkan di luar minyak serpih untuk mengimbangi pemadaman besar tanpa memerlukan rilis cadangan minyak strategis OECD (yang tetap menjadi penyangga tambahan yang signifikan untuk menyeimbangkan pasar)," Goldman Sachs mengatakan dalam sebuah catatan.

Harga Brent kemungkinan akan tetap di bawah 75 dolar AS per barel bahkan jika pemadaman terbukti jauh lebih lama daripada perkiraan saat ini, kata Goldman.

Dalam lompatan harga terbesar dalam 30 tahun, patokan internasional hampir mencapai 72 dolar AS pada Senin lalu ketika pasar dibuka setelah serangan terhadap fasilitas minyak Saudi. Demikian laporan yang dikutip dari Reuters.