Apa yang harus disiapkan sebelum modifikasi motor?

id modifikasi motor,persiapan modifikasi,Apa yang harus disiapkan sebelum modifikasi motor?

Apa yang harus disiapkan sebelum modifikasi motor?

Arsip - Sejumlah sepeda motor hasil modifikasi ikut otocontest yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himapro) Mesin Universitas Muria Kudus (UMK) di aula UMK, Sabtu (23/2). (FOTO: Akhmad Nazaruddin Lathif) (FOTO: Akhmad Nazaruddin Lathif/)

Jakarta (ANTARA) - Saat ini, memodifikasi motor merupakan hobi yang cukup digemari di kalangan pecinta otomotif untuk mengubah tampilan kendaraan sehingga membuat pengendaranya merasa percaya diri dan memiliki kepuasan tersendiri.

Namun, bisakah pemilik motor memodifikasi sendiri kendaraannya? Apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum memodifikasi motor secara mandiri? Agus Gusno dari komunitas pegiat otomotif Pasar Jongkok (Parjo) membagi kiatnya kepada ANTARA di Jakarta, Rabu. Berikut ulasannya:

1. Ketahui jenis motor yang akan dimodifikasi

Langkah pertama adalah mengetahui apa jenis motor, apakah itu motor matik, motor bebek/cub, ataukah motor sport.

"Misalnya basic-nya matik, itu nantinya mau dibuat gimana. Elegan, atau ekstrim?" kata Agus.

Menurut dia, hal ini penting untuk mempermudah pemilik menentukan seperti apa modifikasi yang cocok.

"Yang penting pertama adalah kita tahu basic motor kita, nanti akan gampang buat menentukan modif seperti apa di motor kita," jelas Agus.

2. ‎Tentukan model yang akan dibuat

Setelah mengetahui jenis motor, selanjutnya menentukan model modifikasi pada kendaraan.

Jika pemilik memilih konsep modifikasi motor yang sederhana, namun tetap terlihat elegan dan stylish, maka jenis aksesori yang dapat digunakan untuk modifikasi adalah seperti jari-jari pelek roda, stiker, spion, piringan rem cakram, dan lainnya.

3. ‎Siapkan budget

Yang terakhir dan tak kalah penting ialah mempersiapkan budget sesuai dengan keinginan yang telah direncanakan, atau sebaliknya, menyesuaikan aksesori sesuai dengan budget yang dimiliki.

"Lalu soal budget, kira-kira limit budget-nya berapa? Nah baru dari situ nanti kita bisa lihat dan tentukan reparasi builder-nya, mau ke rumah modifikasi yang mana," kata Agus.

Namun, bagi pemilik yang ingin memodifikasi sendiri, ia menyarankan pemilik harus sudah memiliki kemampuan dasar untuk membongkar-pasang kendaraan roda dua itu, walaupun saat ini terdapat custom kit yang praktis dan mudah diaplikasikan bagi pemula.

"Sekarang sudah banyak yang custom kit gitu, tinggal plug and play. Jadi yang misalnya mau ganti tanki, udah ada tanki modifannya, tinggal copot lalu ganti," papar Agus.