Tampilan iOS 13 yang baru saja rilis

id Apple, iOS 13 ,Tampilan iOS 13 yang baru saja rilis

Tampilan iOS 13 yang baru saja rilis

Tampilan iOS 13. ANTARA/Tangkapan Layar/pri (Tangkapan Layar)

Jakarta (ANTARA) - Setelah meluncurkan smartphone terbarunya pekan lalu, Apple resmi merilis pembarunya sistem operasinya, yakni iOS 13.

Di antara sejumlah fitur baru pada iOS 13, fitur modus gelap atau Dark Mode menjadi fitur yang paling ditunggu-tunggu. Dikutip dari Phone Arena, Jumat, fitur tersebut akan mengubah teks hitam yang ada pada latar belakang putih menjadi teks hitam pada latar belakang gelap.

Selain untuk melindungi mata pengguna saat malam hari atau saat lampu mati, modus gelap tersebut juga dapat menghemat daya baterai di ponsel dengan layar AMOLED. Hal itu dikarenakan tampilan hitam untuk mematikan piksel yang mampu mengurangi daya baterai.

Berkat kecerdasan buatan (AI), perangkat iOS juga akan mengetahui jam berapa pengguna biasanya mencopot charger ponsel.

Biasanya ponsel masih terhubung dengan kabel pengisian daya bahkan setelah daya penuh, fitur ini akan secara otomatis memberhentikan daya pada waktu-waktu pengguna mencabut kabel. Fitur ini akan membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Apple Maps juga mendapatkan pembaruan, yang disebut, akan lebih akurat dan lebih detail di iOS 13. Siri juga ditingkatkan dengan lebih banyak Memoji. Dengan iOS 13, bobot unduhan aplikasi juga diklaim 50 persen lebih ringan.

Pengguna iPhone 6s atau yang lebih baru dapat melakukan pembaruan iOS 13 dengan membuka pengaturan, kemudian umum, lalu pembaruan perangkat lunak.

Apple juga berencana untuk merilis iPadOS pada 24 September, lebih cepat enam hari dari jadwal rilis yang ditetapkan sebelumnya, yaitu pada 30 September.