Kotabaru salurkan Rp3,6 miliar untuk peremajaan kelapa sawit

id pemkab kotabaru,peremajaan kelapa sawit,Kotabaru salurkan Rp3 miliar untuk peremajaan kelapa sawit

Kotabaru salurkan Rp3,6 miliar untuk peremajaan kelapa sawit

Ilustrasi - Suasana investasi kelapa sawit di wilayah Gane, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Abdul Fatah)

Kotabaru (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan untuk peremajaan kebun kelapa sawit kepada petani di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kelumpang Barat

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kotabaru, Hardani, Jumat, mengatakan program peremajaan kebun kelapa sawit dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 13 Oktober 2017 di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Kegiatan pencanangan yang dilakukan di Kotabaru hari ini adalah satu-satunya di Kalimantan Selatan," katanya.

Program ini sendiri bertujuan agar perkebunan sawit rakyat tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkebunan yang dikelola oleh pihak swasta.

Bantuan untuk peremajaan kebun kelapa sawit atau yang dikenal dengan istilah replanting ini diberikan kepada 94 orang petani dengan total dana bantuan sebesar Rp 3,6 miliar.

Pada kesempatan ini juga ikut diserahkan sejumlah bantuan lainnya oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar.

Bantuan itu antara lain berupa pupuk, herbisida dan fungisida yang diterima Kelompok Tani (Poktan) Maju Makmur Desa Sukamaju Kecamatan Sampanahan.

Kemudian ada juga bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk warga Desa Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan.

Berikutnya bantuan mesin alat pertanian diberikan kepada Poktan Ngudi Rezeki dan Poktan Makmur Jaya Desa Siayuh, serta Poktan Anak Desa dan Poktan Insan Tani Sejati Desa Tanjung Sari.

Tampak hadir dalam acara ini Ketua TP-PKK Kabupaten Kotabaru Fatma Idiana, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Kelumpang Barat, serta masyarakat desa setempat.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar