Karang Taruna desa dimotivasi bantu pembangunan Barito Timur

id Karang Taruna desa dimotivasi bantu pembangunan Barito Timur,Karang Taruna,Barito Timur,Narkoba

Karang Taruna desa dimotivasi bantu pembangunan Barito Timur

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Barito Timur melakukan kunjungan pembinaan ke Karang Taruna Mekar Jaya Desa Maragut Kecamatan Dusun Timur, Sabtu (22/9/2019). ANTARA/HO-Kartar Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Karang Taruna Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah melakukan pembinaan kepada warga Karang Taruna di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa di tiga kecamatan untuk berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

"Pembinaan dilaksanakan dengan mengunjungi karang taruna yang ada di tiga kecamatan tersebut dari tanggal 16 hingga 30 September 2019. Sabtu kemarin dilaksanakan pembinaan Karang Taruna Mekar Jaya di Desa Maragut Kecamatan Dusun Timur," kata Ketua Karang Taruna Barito Timur Santai Nyawit di Tamiang Layang, Minggu.

Santai Nyawit menyebutkan, pembinaan tahap ini dilakukan terhadap Karang Taruna di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Benua Lima, Dusun Timur dan Karusen Janang.

Kunjungan ke Karang Taruna Mekar Jaya Desa Maragut dilaksanakan di balai Desa Maragut yang dihadiri pengurus Karang Taruna tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, Kepala Desa Maragut beserta perangkat desa setempat.

Pembinaan rutin kepada pengurus Karang Taruna desa dan kelurahan agar mengetahui tugas pokok dan fungsi dari Karang Taruna sesuai dengan tingkatannya.

Karang Taruna desa dan kelurahan diminta aktif dalam berbagai kegiatan pemerintah desa dan kelurahan maupun kecamatan, misalnya kegiatan sosial, kesenian, olahraga, usaha ekonomi produksi (UEP), pelatihan-pelatihan dan kegiatan lainnya.

"Kita juga bekerjasama dengan Polres Barito Timur dan jajarannya untuk memberikan pembinaan maupun arahan kepada pengurus Karang Taruna," tambah Santai.

Arahan dan pembinaan dari Polres Barito Timur diharapkan membuat pengurus dan warga Karang Taruna desa dan kelurahan bisa menjadi pelopor pencegahan penyalahgunaan narkotika dan sosialisasi bahaya narkotika.

Selain itu, warga Karang Taruna juga diharapkan menjadi pelopor membantu pemerintah mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga bisa terhindar dari bencana kabut asap.

"Pengurus dan anggota Karang Taruna desa dan kelurahan juga dibina dan diarahkan untuk menjadi pelopor keamanan dan ketertiban di masyarakat sesuai dengan wilayah masing-masing," demikian Santai.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar