Dosen UMP dampingi komposter sampah rumah tangga

id komposter,Dosen UMP,Universitas Muhammadiyah Palangka Raya,Dosen UMP dampingi komposter sampah rumah tangga

Dosen UMP dampingi komposter sampah rumah tangga

Tim dosen Universitas Muhammadiyah Palangka Raya pada pendampingan ibu-ibu dalam pengolahan komposter dari sampah rumahan di Palangka Raya, Senin (23/9/2019). ANTARA/HO-Lab.Komunikasi FISIPOL UMP

Palangka Raya (ANTARA) - Tim dosen dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Kalimantan Tengah, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan kalangan ibu-ibu dalam pengolahan sampah rumah tangga dalam proses komposter.

Anggota tim pendampingan dosen, Kamaliah,S.Hut,M.Si di Palangka Raya, Senin mengatakan, metode pembuatan komposter rumahan sederhana itu berupa pengolahan sampah organik menjadi kompos yang kemudian bisa digunakan sebagai pupuk dengan memanfaatkan kerja bakteri untuk menguraikan sampah.

Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan bersama mitra yakni para ibu-ibu rumah tangga cukup antusias dan sangat bersemangat mengikuti program yang dilakukan, sehingga dengan mudah mereka mampu mengikuti dan melaksanakan secara langsung proses kegiatan yang di mulai dari pengumpulan sampah sampai dengan pemanenan kompos.

Baca juga: Dosen Farmasi UMP lakukan pendampingan pengolahan obat khas Kalteng

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara sosialisasi mengenai penanganan sampah, terutama sampah jenis rumah tangga.

“Menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah para ibu rumah tangga, dimana ibu rumah tangga inilah yang paling seiring menghadapi dan menangani sampah yang dihasilkan rumah tangga,” ucap Kamalih.

Pelaksana dari kegiatan ini adalah salah satu hibah dengan skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus yang didapat oleh para dosen yang ada di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya yang didanai Kemenristekdikti.

Baca juga: Mahasiswa UM Palangkaraya terpilih jadi korwil Festival Pemuda

Tim dosen yang tergabung yaitu Kamaliah,S.Hut,M.Si, Hendra Cahyadi,ST,MT dari Fakultas Tehnik dan Rabiatul Adawiyah, S.Farm, M.Si., Apt dari FakultasI llmu Kesehatan dengan dibantu tiga mahasiswa dari Fakultas Teknik dan satu tenaga ahli dari UPTD.

Kegiatan pengabdian dengan masyarakat mitra para ibu rumah tangga di kawasan Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Program ini dirasakan pengolahan sampah rumah tangga dalam proses komposter diakui para ibu peserta kegiatan sangat bermanfaat bagi mitra karena mampu meminimalisir timbunan sampah organik yang ada di rumah tangga mitra.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya terima sertifikat akreditasi A
Baca juga: Kedubes RI di Malaysia dan UMP wujudkan 'SDM Unggul Indonesia Maju'


Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar