Pemprov Kalteng raih penghargaan piagam Maturitas SPIP level tiga

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, sugianto sabran, spip, penghargaan, maturitas spip, level tiga, keuangan, pengelolaan, aku

Pemprov Kalteng raih penghargaan piagam Maturitas SPIP level tiga

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (ketiga kanan) menerima penghargaan piagam Maturitas SPIP level tiga dari BPKP Kalteng, Palangka Raya, Senin, (23/9/2019). (ANTARA/Ho-Humas Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima penghargaan piagam Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) level tiga dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalteng.

"Kami bersyukur karena pemprov bisa meraih penghargaan ini," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran usai menerima penghargaan yang diserahkan BPKP Perwakilan Kalteng di Palangka Raya, Senin.

Maturitas SPIP sendiri, adalah suatu tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian internal yang ditandai oleh eksistensi kontrol desain.

Capaian prestasi itu, diharapkan menambah motivasi kerja bagi pemprov untuk memberikan yang terbaik bagi daerah dan juga masyarakat. Penghargaan tersebut sebagai penilaian, bahwa dalam pelaksanaannya kegiatan pemprov sudah tingkatan ketiga dan berarti sudah lebih bagus dibanding sebelumnya.

Pihaknya berharap, agar aparatur sipil negara atau ASN di lingkup pemprov bisa terus meningkatkan kualitas serta semangat kerjanya. Sejumlah hal yang perlu dievaluasi, diantaranya tentang pelayanan, terlebih tentang auditor dan akuntansi.

"Mengingat pentingnya dua hal ini, yakni auditor serta akuntansi, jadi kami harapkan dapat terus dibenahi dan mendapat perhatian khusus dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi," jelas Sugianto Sabran.

Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia mengungkapkan, penghargaan yang diberikan terkait SPIP yang sudah dilaksanakan pemprov. SPIP merupakan target RPJMN pemerintah pada tahun 2019 yang mengharuskan seluruh pemda di Indonesia mencapai level tiga atau tingkatan ketiga.

"Jadi sistem yang dimiliki menjadi semakin kuat. Sehingga bukan hanya berdasarkan pada orang, melainkan juga sistemnya," tuturnya di sela kegiatannya.

Meski pemprov sudah mencapai level tiga pada SPIP, bukan berarti hal itu sudah selesai. Pihaknya akan terus mengawal kinerja SPIP di pemprov dan pada pelaksanaannya kedepan, BPKP berencana menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng untuk menjalankan program pengawalan.