Prihatin kondisi Satgas Penanggulangan Karhutla, DPRD Kotim beri bantuan

id Prihatin kondisi Satgas Penanggulangan Karhutla, DPRD Kotim beri bantuan,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit

Prihatin kondisi Satgas Penanggulangan Karhutla, DPRD Kotim beri bantuan

Perwakilan anggota DPRD menyerahkan bantuan kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur H Muhammad Yusuf, Senin (23/9/2019). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kepedulian ditunjukkan DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah kepada Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan yang sudah lebih dari dua bulan berjibaku memadamkan kebakaran lahan.

"Bantuan ini sebagai bentuk empati dan dukungan terhadap Satgas Penanggulangan Karhutla yang selama ini telah bekerja keras. Mudah-mudahan mereka selalu diberi kesehatan," kata anggota DPRD Kotawaringin Timur Riskon Fabiansyah di Sampit, Senin.

Sebanyak tujuh legislator berkunjung ke Posko Terpadu Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Kotawaringin Timur yang berpusat di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.

Rombongan diterima Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur H Muhammad Yusuf didampingi pejabat lainnya. Bantuan secara simbolis diserahkan olah Muhammad Abadi mewakili legislator lainnya.

Bantuan yang diberikan berupa oksigen, tetes mata, masker dan lainnya. Semua sumbangan tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung keselamatan, keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas personel di lapangan.

Selama ini siang dan malam personel Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan berjibaku memadamkan api kebakaran lahan. Besarnya jiwa sosial untuk menolong masyarakat agar terhindari dari dampak buruk asap kebakaran lahan, terkadang malah membuat petugas pemadam kebakaran abai terhadap kondisi diri mereka sendiri.

Para politisi itu mengaku sangat prihatin dengan maraknya kebakaran lahan dan kabut asap. Namun mereka lebih prihatin lagi melihat beratnya perjuangan petugas gabungan dalam memadamkan kebakaran lahan.

"Kami berharap masyarakat turut membantu karena penanggulangan kebakaran lahan ini membutuhkan kepedulian kita semua. Personel di lapangan juga kami imbau tetap mengutamakan keselamatan saat menjalankan tugas," kata Riskon.

Baca juga: Sudah 800 hektare lahan terbakar di Kotim
Baca juga: Polres Kotim teliti sampel gambut terbakar di areal perusahaan


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur H Muhammad Yusuf sangat berterima kasih atas bantuan anggota DPRD terhadap personel yang ada di posko. Bantuan tersebut sangat penting karena memang sangat membantu.

"Kami juga terus mengingatkan seluruh personel untuk selalu menjaga kesehatan. Bantuan ini benar-benar membantu," kata Yusuf.

Saat dialog, Yusuf tidak hanya menyampaikan laporan tentang perkembangan kondisi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi saat ini, tetapi juga berkeluh kesah tentang dana yang dimiliki dan terbatasnya peralatan. 

Yusuf berharap DPRD memperjuangkan anggaran dan bantuan demi kelancaran penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur.