Dandim Sampit ajak masyarakat tingkatkan kepedulian sosial

id Dandim Sampit ajak masyarakat tingkatkan kepedulian sosial,Donor darah,Kodim 1015 Sampit,Sampit,PMI,Kotawaringin Timur,Kotim

Dandim Sampit ajak masyarakat tingkatkan kepedulian sosial

Dandim 1015/Sampit Letkol CZI Akhmad Safari dan istri, beserta perwakilan Polri dan Basarnas saat donor darah massal HUT ke-74 TNI, Rabu (24/9/2019). ANTARA/HO-Kodim Sampit

Sampit (ANTARA) - Komandan Kodim 1015/Sampit Letkol CZI Akhmad Safari mengajak seluruh masyarakat meningkatkan kebersamaan dan kepedulian sosial terhadap sesama, sekaligus membantu pemerintah dalam menanggulangi berbagai permasalahan.

"Donor darah yang kami laksanakan hari ini adalah salah satu upaya untuk terus meningkatkan kepedulian sosial kita membantu sesama. Darah yang disumbangkan ini sangat berharga bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Akhmad Safari di Sampit, Rabu.

Kodim 1015/Sampit menggelar bakti sosial donor darah untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 TNI. Kegiatan dilaksanakan di aula Markas Kodim 1015/Sampit.

Kegiatan ini disambut antusias dengan banyaknya peserta. Mereka tidak hanya berasal dari kalangan anggota TNI, tetapi juga institusi atau instansi lain. 

Peserta dari Basarnas sebanyak 20 orang, Polres Kotawaringin Timur 30 orang, Persit 40 orang, TNI 50 orang, serta pegawai Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang 50 orang.

Akhmad Safari mengatakan, kebersamaan dan kepedulian sosial sangat dibutuhkan untuk menjaga daerah dan negara ini agar selalu aman dan kondusif. Dengan kebersamaan, berbagai ancaman yang muncul bisa dideteksi sejak dini sehingga bisa diantisipasi.

Kegiatan sosial melibatkan banyak pihak, seperti donor darah perlu terus dilaksanakan. Selain bermanfaat bagi penerima, kegiatan ini juga menjadi sarana silaturahmi semua pihak sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan semakin akrab.

Perwira asli putra daerah Sampit ini juga mencontohkan, kebersamaan dan kepedulian sosial menjadi kekuatan bersama dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta asap yang sedang melanda daerah ini.

Pemerintah tidak akan mampu melaksanakan pembangunan dan menjaga keamanan seorang diri. Dukungan seluruh masyarakat akan sangat membantu dalam bersama-sama menciptakan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua yang berpartisipasi pada kegiatan donor darah ini. Mudah-mudahan ini membawa manfaat bagi orang banyak," harap Akhmad Safari.

Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur dr Yuendri Irawanto menyampaikan apresiasinya atas donor massal yang dilaksanakan Kodim 1015/Sampit. Kegiatan sosial itu sangat membantu menambah ketersediaan darah sehingga dalam kondisi aman.

"Alhamdulillah saat ini stok cukup aman. Bahkan beberapa pendonor mungkin ada yang kami minta menunda mendonorkan darahnya beberapa hari dan diambil bergiliran agar stok tetap terjaga," kata Yuendri.

Stok darah di Unit Donor Darah PMI Kotawaringin Timur pada Rabu pagi sebanyak 216 kantong, terdiri dari golongan A sebanyak 48 kantong, B sebanyak 87 kantong, O sebanyak 73 kantong dan AB sebanyak 8 kantong.