BPJS Ketenagakerjaan bantu warga Palangka Raya terpapar asap melalui rumah oksigen

id Bpjs ketenagakerjaan, bpjs tk, rumah oksigen, tensi darah, rumah sakit, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, pelayanan kesehatan, csr, tanggung

BPJS Ketenagakerjaan bantu warga Palangka Raya terpapar asap melalui rumah oksigen

Masyarakat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada pada rumah oksigen BPJS Ketenagakerjaan, Palangka Raya, Rabu, (25/9/2019). ​​​​​​​ (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Palangka Raya, Kalimantan Tengah membantu warga yang terpapar asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan menyediakan rumah oksigen.

"Rumah oksigen ini tersedia di dalam kantor kami yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Royyan Huda di Palangka Raya, Rabu.

Rumah oksigen merupakan salah satu inovasi pelayanan oleh BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya, sebagai perwakilan negara guna memberikan manfaat kepada masyarakat umum, yakni warga setempat khususnya lagi peserta BPJS.

Keberadaan rumah oksigen milik BPJS Ketenagakerjaan sangatlah strategis, mengingat letaknya berada di Jalan RTA Milono Palangka Raya yang merupakan salah satu akses utama menuju bandara maupun ke luar kota seperti Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Sehingga siapa pun yang melintasi jalan tersebut dan terpapar asap akibat karhutla, bisa datang dan memanfaatkan fasilitas yang telah kami sediakan secara gratis," jelasnya kepada ANTARA.

Pada rumah oksigen tersebut, terdapat sejumlah tabung gas oksigen yang digunakan secara bergantian, terdiri dari satu unit tabung besar besar berukuran enam meter³ dan 10 tabung kecil berukuran antara dua setengah hingga empat meter³.

Selain fasilitas oksigen, juga disediakan layanan kesehatan lainnya, berupa pemeriksaan tensi darah oleh tenaga kesehatan dari salah satu rumah sakit yang memiliki kerja sama dengan pihaknya.

Tenaga kesehatan itu ada di setiap harinya di rumah oksigen selama jam operasional kantor BPJS Ketenagakerjaan. Royyan menyebut pihaknya operasional sejak pagi hingga sore hari.

"Bahkan fasilitas rumah oksigen bisa dimanfaatkan oleh masyarakat hingga malam hari. Meski pun jam operasional selesai saat sore, namun jika masih ada petugas yang bekerja hingga malam, maka fasilitas itu tetap bisa digunakan," ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan, rumah oksigen sebagai salah satu perwujudan tanggung jawab sosial lingkungan mereka, terhadap kondisi Palangka Raya saat ini.