Cegah ISPA, warga Palangka Raya diimbau selalu gunakan masker

id palangka raya,umi mastikah,kabut asap,karhutla,ispa

Cegah ISPA, warga Palangka Raya diimbau selalu gunakan masker

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah (Foto/ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mengimbau warga setempat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan agar tidak terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat terhirup asap bercampur debu kebakaran lahan.

"Saat ini kualitas udara kita masih bercampur partikel berbahaya yang mengancam kesehatan. Kami imbau agar masyarakat tetap menggunakan masker saat beraktivitas," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, Rabu.

Apalagi berdasar data dari Dinas Kesehatan "Kota Cantik" selama lima pekan tercatat sebanyak 3.972 warga Palangka Raya yang menderita  ISPA.

"Saat ini kondisi udara di wilayah kota juga belum stabil dan berubah-ubah. Kadang udara cerah namun terkadang kabut asap tebal masih menyelimuti, maka langkah antisipasi ialah jalan terbaik yang bisa dilakukan," katanya.



Dalam rangka mengantisipasi dan menimimalkan potensi penyebaran ISPA di tengah masyarakat, pemerintah kota melalui Dinas Kesehatan terus menjalankan sejumlah upaya.

Di antara yang dilakukan yakni dengan menyediakan ruang-ruang oksigen serta menyiapkan ambulans dan mobil oksigen untuk melayani warga.

Pemerintah juga menanggung biaya perawatan warga yang mengalami gangguan kesehatan akibat paparan kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

Plt Kepala Dinkes Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo meminta masyarakat secara mandiri juga dapat melakukan langkah pencegahan terhadap ancaman ISPA.

"Selalu lakukan pola hidup bersih dan sehat. Perbanyak minum air putih, makan makanan bergizi, buah dan minum vitamin jika perlu. Jika daya tahan tubuh kuat penyakit tidak akan mudah menjangkit," katanya.





 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar