Adu penalti bawa MU dan Wolverhampton lolos ke putaran empat

id Manchester United,Wolverhampton ,piala liga inggris,Adu penalti bawa MU dan Wolverhampton lolos ke putaran empat

Adu penalti bawa MU dan Wolverhampton lolos ke putaran empat

Pemain Manchester United Mason Greenwood (kiri) merayakan golnya ke gawang Rochdale bersama rekan-rekannya dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (25/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Jason Cairnduff)

Jakarta (ANTARA) - Manchester United dan Wolverhampton sama-sama membutuhkan adu penalti untuk lolos ke putaran keempat Piala Liga Inggris, sementara West Ham United tersingkir usai dikejutkan oleh tim kasta ketiga pada Rabu setempat (Kamis WIB).

MU yang menjamu Rochdale di Old Trafford sempat memiliki keunggulan berkat gol Mason Greenwood pada menit ke-68 saat ia menerima umpan dari Jesse Lingard, melakukan satu gerakan tusukan dan melepaskan tembakan untuk memperdaya kiper Robert Sanchez.

Sayangnya keunggulan itu tak bertahan lama, sebab pada menit ke-76 pemain remaja berusia 16 tahun Luke Matheson berhasil melepaskan tembakan yang memantul tanah dan gagal diantisipasi kiper Sergio Romero.

Tim besutan Ole Gunnar Solskjaer berusaha untuk memastikan kemenangan tanpa harus melewati adu penalti, namun sejumlah peluang mereka tak membuahkan hasil hingga peluit tanda waktu normal berakhir.

Dalam adu penalti, algojo kedua Rochdale Jimmy Keohane mendapati eksekusinya digagalkan oleh Romero sementara lima wakil MU sukses melakoni tugasnya ditutup oleh Daniel James sebagai penendang kelima demi memastikan kemenangan 5-3.

Nasib lebih dramatis dijalani oleh Wolverhampton yang unggul sejak menit ke-27 atas Reading di Molineux, namun pada menit kesembilan masa injury time Lucas Boye memanfaatkan umpan John Swift demi menyamakan kedudukan 1-1 serta memaksa pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Sayangnya, pasangan pencetak gol dan pengirim assist itu menjadi dua algojo tendangan penalti yang gagal melakoni tugasnya bagi Reading. Walhasil Wolverhampton lolos dengan kemenangan adu penalti 4-2.

West Ham dan tiga tim Liga Premier tersingkir

Kejutan terjadi di Stadion The Kassam, markas Oxford United ketika tim kasta ketiga itu berhasil mempecundangi klub Liga Premier West Ham.

Tak tanggung-tanggung tim besutan Manuel Pellegrini dibobol empat gol tanpa balas oleh Oxford United.

Masing-masing gol dicetak oleh Elliott Moore, Matt Taylor, Tarique Fosu dan Shandon Baptiste.

Selain West Ham tiga tim Liga Premier lain juga harus menghentikan langkah mereka di putaran ketiga yakni Brighton & Hove Albion, Bournemouth dan Sheffield United.

Brighton disingkirkan sesama klub Liga Premier yakni Aston Villa saat tamunya itu menang 3-1 di Stadion Amex. Gol-gol Jota, Conor Hourihane dan Jack Grealish untuk Villa hanya bisa dibalas Brighton sekali lewat Hayden Roberts.

Bournemouth menelan kekalahan 0-2 saat melawat ke markas tim kasta ketiga Burton Albion. Penyerang sayap Burton Oliver Sarkic membukukan satu gol dan satu assist untuk memastikan kemenangan tuan rumah di Stadion Pirelli.

Sedangkan Sheffiled kalah tipis 0-1 dari Sunderland berkat keberhasilan tim tamu mempertahankan keunggulan lewat gol cepat Max Power pada menit kesembilan hingga laga usai.

Praktis, dari rangkaian pertandingan putaran ketiga Piala Liga Inggris yang berlangsung Rabu setempat (Kamis WIB) hanya lima tim Liga Premier yang melangkah ke babak berikutnya yakni MU, Wolverhampton, Aston Villa, Chelsea dan Liverpool.

Kelima tim itu menyusul enam wakil Liga Premier lain yang sudah lolos pada Rabu dini hari WIB, yakni Arsenal, Everton, Leicester City, Manchester City, Southampton dan Watfrod.

Berikut hasil lengkap pertandingan putaran ketiga Piala Liga

Brighton & Hove Albion 1 - Aston Villa 3 (Hayden Roberts 61'; Jota 22', Conor Hourihane 33', Jack Grealish 77')
Burton Albion 2 - Bournemouth 0 (Oliver Sarkic 14', Nathan Broadhead 72')
Chelsea 7 - Grimsby Town 1 (Ross Barkley 4', Michy Batshuayi 7', 86', Kurt Zouma 56', Reece James 82', Callum Hudson-Odoi 89'; Matt Green 19')
Wolverhampton 1 - Reading 1 (Bruno Jordao 27'; Lucas Boye 90+9') *Wolves menang adu penalti 4-2
Milton Keynes Dons 0 - Liverpool 2 (James Milner 41', Ki-Jana Hoever 69')
Oxford United 4 - West Ham United 0 (Elliott Moore 55', Matt Taylor 71', Tarique Fosu 84', Shandon Baptiste 90+2')
Sheffield United 0 - Sunderland 1 (Max Power 9')
Manchester United 1 - Rochdale 1 (Mason Greenwood 68', Luke Matheson 76') *MU menang adu penalti 5-3