Pakar: Cara Ganjar hadapi unjuk rasa patut ditiru

id Ganjar Pranowo,demo mahasiswa,Pakar: Cara Ganjar hadapi unjuk rasa patut ditiru,ruu kuhp

Pakar: Cara Ganjar hadapi unjuk rasa patut ditiru

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menemui ribuan mahasiswa yang berunjuk rasa menolak UU KPK hasil revisi dan RUU KUHP di depan gerbang DPRD Provinsi Jateng, Semarang, Selasa. (Foto:Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) - Pakar komunikasi politik dari Universitas Diponegoro Triyono Lukmantoro menilai gaya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadapi unjuk rasa ribuan mahasiswa menolak UU KPK hasil revisi dan RUU KUHP di Semarang patut ditiru oleh para kepala daerah maupun pejabat tinggi lainnya.

"Apa yang dilakukan Pak Ganjar saat menemui mahasiswa yang berunjuk rasa itu merupakan langkah tepat dan patut ditiru," kata Triyono Lukmantoro di Semarang, Kamis.

Menurut dia, kehadiran pejabat tinggi dalam aksi demonstrasi sangat dibutuhkan karena bisa menjadi kanal bagi mahasiswa untuk menyuarakan tuntutannya sampai ke pemerintah pusat.

"Kalau saya lihat videonya, Pak Ganjar sampai menyingsingkan lengan baju. Dengan percaya diri, dia hadir di tengah ribuan mahasiswa, kemudian berorasi dan siap mengawal aspirasi mahasiswa. Satu hal yang keren, dia juga mengajak mahasiswa untuk membersihkan sampah dan memperbaiki taman yang rusak," ujarnya.

Terlepas dari nilai positif itu, kata dia, kehadiran Gubernur Ganjar di tengah aksi massa itu meredam kericuhan.

Terbukti, setelah orang nomor satu di Jateng itu datang dan menerima aspirasi mahasiswa, ribuan demonstran pulang ke kampus masing-masing dengan tertib.

"Tidak sampai terjadi kericuhan yang besar meskipun ada sedikit panas saat gerbang DPRD Jateng roboh. Namun, secara keseluruhan, demo di Semarang kemarin berlangsung damai, tidak seperti daerah lain yang sampai bentrok hingga berlarut," kata Triyono.

Ia menyebutkan kebanyakan unjuk rasa berakhir ricuh karena tuntutan para demonstran tidak tersampaikan dengan baik dan banyak pejabat tinggi yang memilih menghindari demonstran. Namun, itu justru menjadi penyebab terjadinya kericuhan.

"Demo ricuh itu biasanya karena tidak ada kanal bagi mereka menyampaikan tuntutan. Selama demo tidak direspons, tentu mereka akan mencari sesuatu agar direspons, dan tidak jarang itu kerusuhan. Saya kira aksi Pak Ganjar kemarin bisa jadi teladan untuk demokrasi ke depan," ujarnya.

Seperti diwartakan, Gubernur Ganjar Pranowo menemui ribuan mahasiswa yang berunjuk rasa di depan gerbang DPRD Provinsi Jateng, Semarang, Selasa (24/9), untuk meneruskan aspirasi ke pemerintah pusat dan DPR RI.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar