Polres Kobar tangkap 12 tersangka pembakar lahan

id Polres Kobar tangkap 12 tersangka pembakar hutan dan lahan,Kotawaringin Barat,Kebakaran lahan,Karhutla

Polres Kobar tangkap 12 tersangka pembakar lahan

Polres Kotawaringin Barat memperlihatkan 12 tersangka pembakaran hutan dan lahan di daerah itu, Kamis (26/9/2019). ANTARA/HO- Humas Polres Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kepolisian Resor Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah memberikan keterangan pers terkait 12 tersangka pelaku pembakaran hutan dan lahan di wilayah hukum mereka, dua diantaranya adalah seorang nenek dan ibu rumah tangga.

“Dari 12 tersangka ini, ada 2 perempuan dan 10 laki laki. Mereka ini awalnya membakar kebun milik pribadi, tetapi kemudian merembet ke lahan disekitarnya,” kata Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Zulkarnain Sirait di Pangkalan Bun, Kamis.

Sebanyak 12 tersangka itu ditangkap dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, yakni Maret dan Agustus serta September 2019.

Arie Sandy menjelaskan, 12 tersangka tersebut mayoritas berumur 32 hingga 67 tahun dan dua diantaranya merupakan seorang nenek dan ibu rumah tangga. Seluruh perkara pembakaran lahan tersebut merupakan hasil penanganan Polsek Kotawaringin Lama, Polsek Kumai dan Polsek Arut Selatan.

Dirincikan, 12 tersangka tersebut berinisial MI (38) warga Mendawai Seberang, SL (57) warga Mendawai, HD (67) warga Kumai, JM (51) warga Kolam, HD (55) warga Kumai Hulu, HR (40) warga Madurejo, MA (56) warga Arsel, SW (50) warga Kolam, GM (53) warga Kolam, AH (32) warga Arsel dan ibu SN (44) warga Sidorejo serta seorang nenek PN (64) warga Madurejo.

Lahan yang dibakar umumnya milik mereka sendiri. Sementara luas lahan yang dibakar para tersangkanya mencapai 80 hingga 85 hektare. 

“Dari proses hukum 12 tersangka itu, satu tersangka sudah tahap 2, satu tersangka dalam tahap sidik dan 10 lainnya sudah tahap 1,” ucapnya.

Tersangka dijerat menggunakan pasal yang berbeda-beda tergantung jenis dan tingkat sangkaan pelanggaran hukum yang dilakukan. Ada yang dijerat menggunakan Undang-Undang (UU) Lingkungan, UU perkebunan, UU Kehutanan dan ada juga yang di kenakan KUHP pasal 187, dengan ancaman hukumannya mulai dari 5 tahun sampai 15 tahun.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar